banner 728x250

DMI Kota Pariaman Lakukan Penataan Pengelolaan Masjid

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com – Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Pariaman terus melakukan penataan terhadap pengelolaan masjid sehingga memberikan manfaat yang lebih maksimal kepada jamaah. Masjid tidak hanya kegiatan seremonial saja, tapi juga perlu  ditingkatkan untuk mewujudkan kemaslahatan umat.

Demikian diungkapkan Ketua DMI Kota Pariaman Drs. Mardison Mahyuddin, MM kepada Sitinjausumbar.com, Senen (23/5/2022) di ruang kerjanya, balaikota Pariaman. Mardison yang juga Wakil Walikota Pariaman ini menyebutkan, selama ini pengurus masjid lebih banyak perhatian kepada pembangunan fisik. Kita berharap memakmurkan masjid atau dimakmurkan masjid itu, tidak hanya termotivasi pembangunan fisik saja. Tapi masjid juga bisa memakmurkan masyarakatnya.

banner 336x280

Masyarakat yang berada di sekitar masjid itu, hendaknya bisa dibantu dari dana masjid. Sumbangan infak, zakat, sedekah yang diberikan kepada pengurus yang menjadikan  kas masjid tidak hanya menumpuk, tapi bisa dimanfaatkan untuk membantu masyarakat miskin yang membutuhkan. Artinya memakmurkan masyarakat miskin di sekitar masjid.

DMI juga melakukan penataan kepengurusan masjid. Seperti  pengeluaran surat keputusan (SK) pengurusnya ada yang Kantor Urusan Agama (KUA), ada juga yang mengeluarkan kepala desa. Harapannya ke depan diseragamkan, yakni dikeluarkan DMI Kota Pariaman. Sehingga ada keseragaman, kesamaan dan keseiramaan dalam menjalankan tujuan masjid.

Selain itu, kata Mardison, selalu melakukan kunjungan ke masjid. Melihat dan mencek tempat berwuduk, WC dan sebagainya. “Sehingga pengurus terus berupaya menjaga kebersihan tempat berwuduk dan WC. Begitu juga ruangan yang bersih dan tertata. Jangan sampai karpet yang sudah kumal, suasana ruangan yang kurang nyaman dan sebagainya,” tutur Mardison, mantan Ketua DPRD Kota Pariaman ini.

DMI selalu mengingatkan pengurus masjid, bagaimana di dalam masjid indah, nyaman dan sejuk. Sehingga jamaah yang menjalankan ibadah terasa nyaman, betah di masjid beribadah. Termasuk soudsystem harus bagus.

Mardison mengaku, sering melakukan konsolidasi dengan seluruh pengurus masjid, bagaimana peran-peran dari masjid untuk melakukan yang terbaik terhadap program pemerintah. Pemerintah sekarang banyak melakukan kegiatan bernafaskan Islam.

DMI melakujkan rapat kerja beberapa waktu lalu, seluruh pengurus DMI melakukan pengawasan, pertemuan rutin, pengawasan ustazh, peningkatan pengetahuan keagamaan pengurus masjid. Pengurus masjid diharapkan sering ke masjid. Masjid bisa dijadikan sebagai tempat  kegiatan  pendidikan dan agama. (02)

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.