banner 728x250

Pembangunan Mesjid Raya Kajai Terdampak Gempa, Dimulai

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com – Pembangunan Mesjid Raya Nagari Kajai, terdampak gempa vulkanik dan menimpa Negeri Kajai, Kecamatan Talamau, 25 Februari 2022 lalu, dimulai. Hal itu ditandai dengan dilakukan peletakan batu pertama di komplek masjid itu, Minggu, 15 Mei 2022 ini.

Peletakan batu pertama pembangunan masjid kebanggaan masyarakat Nagari Kajai itu dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Muhammad Nur bersama para kepala seksi di instansi vertikal tingkat kabupaten itu, juga diikuti ketua bersama pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) unit Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, dan kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Talamau, Zuarman.

banner 336x280

Pembangunan masjid raya Nagari Kajai di Kajai, Kecamatan Talamau, dibangun melalui anggaran yang berasal dari anggaran negara, melalui Daftar Isian dan Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kementerian Agama RI, tahun anggaran 2022. Mesjid berukuran 25 X 25 meter. ini dikerjakan Emersia Group.

Kepala Kementerian Agama Pasaman Barat, Muhammad Nur, melalui sambutannya pada kesempatan itu menyampaikan, mesjid merupakan sarana ibadah sekaligus simbol keagamaan yang berbeda dan tersebar di tengah masyarakat, begitu juga dengan mesjid raya Kajai, salah satu sarana ibadah yang terdampak gempa vulkanik beberapa waktu lalu.

Sebagai instansi pemerintah yang mengemban tugas sebagai pelaksana pembangunan bidang agama, ulas Muhammad Nur, pihaknya sangat mendukung, merespon dan mengajak setiap warga Nagari Kajai, agar mendukung sukses dan lancarnya pembangunan masjid megah ini. Gempa vulkanik yang menimpa masyarakat Nagari Kajai di Kecamatan Talamau, dan warga Malampah di Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman, 25 Februari lalu, merupakan takdir yang diberikan Allah Swt.

“Siapa tahu, Allah Swt telah diinformasikan ujian, cobaan atau takdir-Nya kepada setiap warga, khususnya di Nagari Kajai Kecamatan Talamau, dan warga Malampah di Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman”, kata Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat menjelaskan.

Guna mendukung sukses dan lancarnya pembangunan masjid raya di Negari Kajai, ulas kepala kantor itu, beberapa hari lalu Pemerintah pusat, melalui Kementerian Agama, bekerjasama dengan manajemen Bank Syariah Indonesia (BSI), Cabang Pasaman Barat, untuk Kabupaten Pasaman Barat, menyalurkan bantuan pembangunan masjid raya Nagari Kajai itu.

Kepada pelaksana pembangunan masjid, Muhammad Nur, mengajak agar bekerja sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku. Proyek pembangunan ini adalah sarana ibadah bagi umat Islam. Untuk itu, kerjakanlah pembangunan masjid raya Nagari Kajai ini dengan maksimal. Kepada warga dan masyarakat Nagari Kajai, juga diminta untuk mendukung lancar dan suksesnya pelaksanaan pembangunan masjid raya di Negari Kajai ini dengan maksimal.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Talamau, Zuarman, menjelaskan, gempa vulkanik yang menimpa masyarakat Nagari Kajai, Kecamatan Talamau di Pasaman Barat, dan Malampah di Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman, 25 Februari lalu, bukan saja berdampak pada rusak sekaligus hancurnya ratusan rumah warga, empat sarana ibadah, beberapa unit bangunan lembaga pendidikan, seperti Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Nagari Kajai, Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah (MTsM) Kajai, dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Pasaman Barat di Nagari Kajai. (gmz/at)

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.