banner 728x250

65 Lulusan MKNU Sumbar Nyatakan Siap Sebarkan Islam Nusantara di Sumbar

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com – Sebanyak 65 orang lulusan Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU) Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Sumatera Barat menyatakan siap mensyiarkan dan menyebarkan Islam Nusantara di Sumatera Barat.  Karena Islam Nusantara sesungguhnya sangat sesuai dengan adat budaya di Minangkabau yang berfalsafah Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.

MKNU PWNU Sumatera Barat  ditutupkan Wakil Ketua PWNU Sumatera Barat Rahmat Tuanku Sulaiman, Minggu (12/12/2021) dini hari, yang berlangsung di Asrama Haji Padang Pariaman sejak Jumat (10/12) lalu, dibuka Ketua Tanfidziyah PWNU Sumbar Prof. Ganefri, Ph.D.

banner 336x280

Menurut Rahmat Tuanku Sulaiman, pelaksanaan MKNU PWNU merupakan sekolahnya kader Nahdlatul Ulama bagi kader, simpatisan dan warga masyarakat yang ingin berkhidmat di Nahdlatul Ulama. Ibarat pendidikan di pesantren, ada pesantren kilat. MKNU ini menjadi madrasah kilat untuk mengetahui NU lebih terstruktur, sistematis dan dari sumber yang valid.

“Selama ini banyak orang yang sinis terhadap NU karena hanya membaca dan mengetahui dari informasi media sosial yang banyak menyudutkan NU.  Apalagi informasi media sosial yang diproduksi oleh pihak yang memang sejatinya memusuhi NU,” kata Rahmat menambahkan.

Dikatakan Rahmat, melalui MKNU ini gerakan, fikrah dan amaliah NU di Sumatera Barat semakin mendapat perhatian masyarakat. Buktinya, pelaksanaan MKNU ini diikuti dari berbagai kalangan dan profesi. “Ada guru besar, doktor, magister, dosen perguruan tinggi negeri umum dan agama, pegawai negeri sipil di lingkungan pemerintah daerah, Kemenag, praktisi, anggota legislatif, mantan pejabat, kepala desa, walinagari dan kalangan ulama. Ini menunjukkan bahwa MKNU menjadi pintu masuk untuk bisa berkhidmat di NU,” kata Rahmat yang juga pengasuh Pesantaren Bustanul Yaqin Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman ini. 

Kepala MKNU PWNU Sumbar Armaidi Tanjung menyebutkan, peserta MKNU selain berasal dari berbagai latar belakang, juga hampir dari seluruh daerah kabupaten/kota di Sumatera Barat. Instruktur yang memberikan materi langsung Ketua Tim MKNU PBNU Sultonul Huda dan Tim Instruktur MKNU PWNU Sumatera Barat, diantaranya Rais Syuriah PWNU Sumbar Hendri, Suleman Tanjung, Azwandi Rahman, Agustian, Ahmad Syafruddin dan Muhammad Nur.

“Pelaksanaan MKNU di Padang Pariaman ini merupakan yang keempat kalinya yang diselenggarakan PWNU sejak dibentuknya Tim MKNU PWNU Sumbar. Sebelumnya sudah dilaksanakan di Bukittinggi, Padang, dan Pasaman Barat. Beberapa daerah (PCNU) juga sudah menyatakan kesediaannya untuk melaksanakan MKNU sehingga memberikan kesempatan yang lebih luas bagi masyarakat di daerah kabupaten/kota tersebut untuk mengikuti MKNU,” kata Armaidi Tanjung yang juga Wakil Sekretaris PWNU Sumbar. (02)

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.