banner 728x250

Dosen IAI Sumbar Adakan Pengabdian Artikel Ilmiah Terpublikasi Bagi Mahasiswa

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com – Dalam rangka meningkatkan minat dan motivasi dalam menulis,  dosen Institut Agama Islam Sumatera Barat (IAI Sumbar) melaksanakan workshop penulisan artikel ilmiah yang dibingkai dalam  kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diberikan khusus untuk mahasiswa. Pelatihan   dilaksanakan bertujuan  meningkatkan minat menulis bagi mahasiswa di Institut Agama Islam Sumatera Barat.

Pelatihan dibuka   Rektor IAI Sumbar  Dr. Novi Yanti, SE.,MM, kemaren  sangat mengapresiasi kegiatan workshop yang dilaksanakan  Dosen IAI Sumbar dalam rangka  melahirkan para penulis yang handal dan memiliki bakat dalam penulisan artikel ilmiah. Selain itu, Yayasan Pendidikan Sumatera Barat (YPSB) Padang juga memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan yang dilaksanakan.

banner 336x280

“Pengurus Yayasan berharap dengan adanya kegiatan workshop ini, semoga dapat melahirkan para penulis dari mahasiswa IAI Sumbar. Sehingga kampus ini dapat bersaing dengan kampus lainnya yang secara nasional sudah memiliki kapasitas terbaik dalam penulisan artikel ilmiah, seperti UIN Yogyakarta, UIN Makassar, Unand, UNP dan lainnya,” kata Novi Yanti.

Kegiatan workshop  bertemakan meningkatkan minat dan motivasi dalam penulisan artikel ilmiah dan terpublikasi pada jurnal nasional. Dengan kegiatan tersebut,  para Dosen pelaksana telah merancangkan input dan outcome (keluaran) dari kegiatan tersebut, yaitu menghasilkan sebuah artikel  berkualitas yang dihasilkan mahasiswa dan layak untuk di publikasikan pada jurnal nasional serta terakreditasi Sinta 1-6.

Oleh karena itu, kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dilaksanakan selama 1 bulan dan dilakukan pelatihan yang dipandu dan dibimbing langsung oleh narasumber yang berasal dari IAI Sumbar dan memiliki kapasitas dalam penulisan serta publikasi artikel ilmiah. Diantaranya,  Mega Adyna Movitaria, M.Pd (Dosen PGMI), Edriagus Saputra, S.Th.I.,M.Ag. (Dosen IAT), Melda Delvia, S.Pd.I.,M.Pd. (Dosen PGMI) dan Syamsurizal, SE.,MM.(Dosen Perbankan Syariah).  Materi yang diberikan  diantaranya  Metodologi Penelitian, Metode Penulisan Artikel Ilmiah, Sitasi dengan menggunakan Applikasi Mandeley dan Zotero, Menggunakan Applikasi Turnitin dalam memeriksa plagiasi artikel dan pengenalan jurnal ilmiah serta proses submit artikel pada jurnal nasional. (Edriagus Saputra)

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.