banner 728x250

Wabup Padang Pariaman Harapkan Target Pembinaan UKS Tercapai Pada 2022

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com –  Keberhasilan pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) pada akhirnya akan terlihat dan tercermin pada perilaku hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik, dan ini merupakan dampak yang diharapkan dari keseluruhan pola pembinaan dan pengembangan UKS di Kabupaten Padang Pariaman, hal ini diungkapkan oleh Wakil Bupati Padang Pariaman Drs. Rahmang, MM. saat membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M), pada Senin (29/11) di Hall Ibu Kota Kabupaten (IKK) Nagari Parit Malintang Kecamatan Enam Lingkung.

Dalam sambutannya, Wabup Rahmang mengatakan. UKS merupakan wadah dan program untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik sedini mungkin. Yang dilakukan secara terpadu oleh 4 Kementerian terkait beserta seluruh jajarannya, baik di Pusat maupun di Daerah. Dengan landasannya, Peraturan Bersama 4 Menteri, yaitu Menteri Pendidikan Nasional, Menteri Kesehatan, Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri.

banner 336x280

“Ada beberapa permasalahan kita temui dalam melakukan pembinaan dan menyukseskan program Sekolah Sehat di beberapa satuan pendidikan. Antara lain, pembinaan yang dilakukan oleh Tim Pembina UKS/M baik di tingkat Kabupaten maupun Kecamatan belum terkoordinasi dan terstruktur dengan baik. Sehingga dalam menghadapi lomba, terkesan sekolah tidak siap untuk dilombakan. Kemudian, masing-masing instansi tidak melaksakan pembinaan UKS secara maksimal, data sekolah dan data pada Tim Pembina UKS Kecamatan tidak siap dan lengkap. Koordinasi antar Tim Pembina UKS Kecamatan tidak terkordinir dengan baik, sehingga dalam menghadapi lomba sekolah sehat terkesan asal mengusulkan sekolah saja tanpa adanya pertimbangan dan penilaian dari Tim Pembina UKS Kecamatan,” ungkapnya.

Rahmang berharap melalui Rakerda ini, pada tahun 2022 ada sekolah sehat utusan Padang Pariaman yang menjadi juara 1 Provinsi dan menjadi utusan Sumatera Barat dalam Lomba Sekolah Sehat tingkat Nasional. Begitu juga pembinaan oleh instansi terkait, sesuai SKB 4 Menteri yang sudah terstruktur dan terkoordinasi dengan baik. Sehingga tidak ada lagi alasan sekolah yang menyatakan tidak siap untuk dilombakan. Karena baik lomba atau tidak lomba UKS/M ini harus tetap berjalan, sehingga tidak ada sekolah yang tidak sehat. Data Tim pembina UKS/M, baik Kabupaten ataupun Kecamatan harus lengkap dan terpampang dengan jelas.

“Diharapkan, seluruh Kecamatan memiliki ruang Sekretariat Tim Pembina UKS tersendiri dan memiliki data-data sekolah sehat dan kegiatan Tim Pembina UKS Kecamatan”, tutupnya.

Sebelumnya Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Drs. Azwarman, MM. dalam laporannya mengatakan. Bahwa tema dari Rakerda ini, dengan Rakerda UKS kita tingkatkan sinergitas Tim Pembina UKS/M. Demi terwujudnya lingkungan dan masyarakat sekolah sehat, berkarakter, berprestasi dan terlindung dari ancaman Covid-19.

“Peserta Rakerda ini meliputi Camat, Kepala puskesmas, KUA , Ketua MKKS SD, SMP dan pemenang lomba sekolah sehat. Tim pembina UKS Kabupaten Padang Pariaman telah melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan UKS di sekolah pemenang lomba termasuk tigkat SMA dimana sesuai dengan aturan SKB 4 menteri yang menyatakan bahwa kabupaten kota memiliki wewenang untuk melakukan evaluasi di sekolah-sekolah yang ada di daerah,” terangnya.

Rakerda ini dihadiri oleh anggota Tim pembina UKS/M, Camat, Kepala Puskesmas se Kabupaten Padang Pariaman, Ketua MKKS SD, SMP se Kabupaten Padang Pariaman dengan narasumber Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupatenn Padang Pariaman, Dinas Kesehatan Provinsi Biro Bina Mental dan Kesra Provinsi Sumatera Barat.

Adapun pemenang lomba sekolah sehat tingkat Kabupaten Padang Pariaman tahun 2021 adalah, tingkat TK/RA juara 1 TK Amanda Kids Sintuk Toboh Gadang, Juara 2 TK Pembina Enam Lingkung, Juara 3 RA Al Fattah Ulakan Tapakih. Pemenang tingkat SD/MI, juara 1 SDN 05 Kayu Tanam, juara 2 SDN 11 Ulakan Tapakis, juara 3 SDN 07 Sungai Geringging. Untuk tingkat SMP/MTs, juara 1 MTSn 05 Padang Pariaman Ulakan Tapakih, juara 2 SMPN 3 Nan Sabaris, SMPN 1 Padang Sago. Sedangkan untuk tingkat SMA/MA, juara 1 diraih oleh MAN 1 Padang Pariaman Sintuk Toboh Gadang, juara 2 SMAN 1 Nan Sabaris, dan Juara 3 SMAN 1 VII Koto Sungai Sariak. (Prokopim/02)

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *