banner 728x250

HGN/ HUT PGRI ke 76, Bupati Ajak Guru Wujudkan SDM Berbudaya dan Berdaya Saing

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com—- Dalam momentum Hari Guru Nasional (HGN), Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo mengajak semua guru yang terhimpun dalam Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) untuk menyatukan semangat serta bergerak serentak mewujudkan Sumber Daya Manusia yang berbudaya dan berdaya saing di Lima Puluh Kota.
“PGRI adalah mitra strategis pemerintah untuk memajukan dan menyelesaikan berbagai persoalan pendidikan dengan arif dan bijaksana, demi tercapai pendidikan nasional bermutu untuk Indonesia unggul,” ujar Bupati Safaruddin.
Hal itu disampaikan Bupati, diantara pembacaan sambutan tertulis Menteri Pendidikan Riset dan Teknologi RI Nadiem Makarim, saat bertindak selaku Inspektur Upacara pada Peringatan HUT ke-76 PGRI sekaligus Hari Guru Nasional pada setiap tanggal 25 November bertempat di di Lapangan Denzipur 2/Prasada Sakti, Padang Mengatas, Kamis (25/11/2021).
Tampak hadir pada acara itu, Kepala Dinas Pendidikan Limapuluh Kota Indrawati, S.Pd, M.P, Danden Zipur 2 Padang Mengatas Mayor CZI Yoghi Hermawan, Ketua dan jajaran pengurus PGRI Limapuluh Kota, Ketua TP PKK Nevi Zulvia Safaruddin, Forkopimca Luhak serta Perwakilan Guru seantero Lima Puluh Kota.
Dalam upacara dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 tersebut Bupati juga menyerahkan anugerah loyalitas dan dedikasi dari PB PGRI kepada guru & pegawai tata usaha. Terutama mereka yang bertugas di daerah tersulit, terluar, dan terpencil. Para penerima anugerah itu antara lain Desi Afriyani Guru Honorer, Desi Afriyani Guru Honorer, UPTD SDN 08 Maek, Kecamatan Bukik Barisan Afriandi, pegawai TU UPTD SMP N 2 Kecamatan Kapur IX.

Dalam bagian lain, pada sambutan tertulis Mendikbudristek RI disampaikan selama hampir dua tahun terakhir, guru terus berjuang memberikan pendidikan di tengah tantangan pandemi. “Guru-guru ditantang untuk memanfaatkan teknologi, membuat pembelajaran daring harus menarik bagi semua murid. Sementara di daerah yang sulit akses internet, banyak guru yang menantang risiko dengan mengajar dari rumah ke rumah,” katanya.

banner 336x280

Tampil mengenakan seragam PGRI di kesempatan itu Bupati Safaruddin juga menginformasikan di tahun 2021, bahwa dalam hal Pandemi Covid-19 telah memasuki Penanganan pandemi Covid-19 di tanah air, khususnya di Lima Puluh Kota mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Sebagai upaya pencegahan Pandemi Covid-19, kata Bupati, Vaksinasi akan terus ditingkatkan demi mencapai “Herd immunity” di Limapuluh Kota.

Di sisi lain, pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Indrawati menyatakan pihaknya terus berupaya meningkatkan kesejahteraan guru. Terutama dalam meningkatkan status kepegawaian guru melalui seleksi untuk proses pengangkatan guru honorer menjadi ASN-PPPK. Termasuk juga pemberian bantuan kepada guru-guru honorer yang telah mengabdi mencerdaskan masyarakat Lima Puluh Kota. Dalam hal ini, Indrawati menghargai komitmen PGRI dalam memperjuangkan nasib para guru honorer dengan kategori maupun non kategori khususnya berusia di atas 35 tahun, agar diberikan kesempatan menjadi ASN melalui jalur ASN-PPPK. “PGRI juga memberikan masukan masukan yang konstruktif terhadap Peta Jalan Pendidikan ( PJP) Nasional dan kebijakan tata kelola guru lain nya,” imbuh Indrawati. (npb/btr)

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *