banner 728x250

Ketua TP PKK Pusat Kunjungi UP2K KAIC PKK Desa Kampung Apar

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com —  Walikota Pariaman Genius Umar dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Pariaman, Ny.Lucyanel Genius menyampaikan ucapan selamat datang kepada Ketua TP PKK Pusat, Ny.Ninuk Triyanti Zudan,  dan Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Barat, Ny. Harneli Mahyeldi, di Desa Kampung Apar Kecamatan Pariaman Selatan, Jumat (12/11).

Kedatangan Ny. Ninuk Triyanti Zudan yang didampingi oleh Ny.Harneli Mahyeldi adalah dalam rangka kunjungan kerja ke Toko UP2K KAIC PKK Desa Kampung Apar.

banner 336x280

“Saya ucapkan terimakasih kepada Ibu Ninuk yang telah mau berkunjung kesini, untuk melihat langsung inovasi dan terobosan yang telah dibuat oleh Kader PKK desa Kampung Apar ini, sehingga bisa meraih juara dilomba UP2K”, ujar Genius Umar.

Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak tahun 2020 lalu, telah menghantam kesehatan dan perekonomian masyarakat desa. Mulai dari lesunya aktifitas perekonomian hingga ancaman kehilangan pekerjaan. Banyak masyarakat yang mengeluhkan sulitnya hidup pada saat kondisi pandemi saat ini.

“Dengan melihat kondisi tersebut, sekelompok pemuda dan kader PKK Desa Kampung Apar Kota Pariaman, berinisiatif untuk membuat kegiatan ekonomi kreatif untuk membantu perekonomian desa. Supaya kegiatan ekonomi kreatif di Desa Kampung Apar terorganisir dengan baik, dibentuklah Kampung Apar Innovation Center (KAIC). KAIC bertujuan untuk menciptakan kegiatan ekonomi kreatif yang berkelanjutan melalui kegiatan wirausaha di desa”, ungkap Genius Umar.

Genius Umar berharap, Desa Kampung Apar yang sudah terpilih menjadi yang terbaik di Provinsi Sumatera Barat, akan menjadi terbaik juga di tingkat Nasioanal nantinya, dan hal itu tentu perlu bimbingan dari ibu Ketua TP PKK Pusat, agar kader PKK kami, dan unit UP2K nya menjadi yang terbaik juga di tingkat nasional.

Dalam kesempatan itu Ny.Lucyanel Genius juga menyampaikan bahwa, UP2K Desa Kampung Apar melalui Kampung Apar Innovation Center (KAIC), banyak menciptakan kegiatan ekonomi kreatif yang berkelanjutan melalui kegiatan wirausaha desa serta memanfaatkan para Kader PKK dan masyarakat yang ada di desa tersebut, untuk bersama-sama menggiatkan kegiatan usaha yang menghasikan untuk menambah pendapatan keluarga.

Dan hal ini terbukti sukses dan berhasil, dan KAIC ini semakin berkembang seiring dengan berjalannya waktu, untuk itu, kami mengucapkan terimakasih kepada Ekho Kurniawan, anak muda yang visioner, selaku Founder KAIC, serta Kader PKK nya Chimi, yang selalu berbuat bagi masyarakat yang ada di Desa Kampung Apar ini.

Menanggapi hal tersebut Ny.Ninuk sangat mengapresiasi sekali kota pariaman khususnya desa kampung apar yang sudah berhasil dalam lomba UP2K.

“Saya lihat sudah banyak sekali inovasi-inovasi dan kreatifitas masyarakat desa kampung apar untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya, untuk meningkatkan ekonomi rakyatnya, dengan cara memanfaat potensi daur ulang dan sebagainya. Dan itu adalah bukti bahwa TP PKK di kota pariaman sudah sangat mempunyai kontribusi yang nyata bagi gerakan ekonomi rakyatnya”, sebut Ny.Ninuk .

Semoga toko ini, yang sudah ada galeri pelanginya, kedepan semakin mampu berinovasi  untuk mengembangkan potensi dan kegiatan lain, dengan cara bekerjasama dengan lembaga lain yang terkait, seperti instansi swasta, instansi pemerintah dan lembaga lainnya untuk bisa bersinergi guna mngembangkan kegiatan ini lebih luas lagi.

Diakhir acara dilanjutkan dengan pemberian bantuan dari Baznas Sumbar Rp15 juta untuk 10 Mustahiq Pelaku UP2K di Kota Pariaman. (tachi/02)

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *