banner 728x250

129 Orang Rombongan MTQ, Wako Pariaman Motivasi Kafilah Sebelum Bertanding

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com — Walikota Pariaman Genius Umar motivasi kafilah Kota Pariaman sebelum bertanding pada MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an) ke 39 tingkat Provinsi Sumatera Barat, yang diadakan di Kota Padang Panjang.

“Kalau melihat semangat dan wajah berbinar para Kafilah Kota Pariaman, saya yakin Kota Pariaman akan dapat berprestasi di MTQ ke 39 tingkat Provinsi Sumatera Barat, apalagi dengan persiapan dari jauh hari yang telah kita lakukan untuk pemusatan latihan para Kafilah kita ini,” ujarnya ketika bersilaturahmi sekaligus melepas rombongan kafilah Kota Pariaman untuk mengikuti MTQ Nasional ke XXXIX (39) tingkat Provinsi Sumatera Barat, di Hotel Safari Inn, Pantai Kata, Kamis sore (11/11).

banner 336x280

Dengan Juara di MTQ adalah simbol bahwa Pemerintahan Kota Pariaman telah melakukan Pembinaan Keagamaan dengan baik, karena kita telah banyak melakukan kebijakan dan program kegaamaan di Kota Pariaman.

“Kota Pariaman mempunyai Penyuluh Agama di setiap Desa dan Kelurahan, dimana mereka digaji oleh Pemerintah Daerah melalui dana desa, dan penyuluh agama yang dibiayai oleh APBD ini, adalah  satu-satunya di indonesia, tidak ada daerah lain yang mempunyai program ini,” ucapnya.

Genius juga menyebutkan, Kota Pariaman memiliki program pendidikan agama non formal, mulai dari MDA untuk pelajar SD, MDW untuk pelajar SMP dan MDU untuk pelajar SMA, dimana nantinya setiap MDA, MDW dan MDU ini, berada di tiap Desa/Kelurahan, dan nanti dibina oleh Kecamatan serta di Monev (Monitoring dan Evaluasi) oleh Kota Pariaman melalui Kesra, ulasnya.

“Kita juga mempunyai program Pusat Pendidikan Al Qur’an (Read Alqur’an Center) di setiap mesjid yang ada di tiap desa dan kelurahan, selain program Magrib Mengaji dan Subuh Mubaraqah, sehingga kita harapkan kegiatan yang bernuansa islami dan qurani tersebut, menjadi budaya dan kebiasaan bagi anak-anak, remaja dan masyarakat di Kota Pariaman ini,” tukasnya.

Orang nomor satu di Kota Pariaman ini juga berharap, dengan berbagai program yang telah dibuat, kiranya kehidupan qurani, yang berlandaskan keagamaan yang kita bangun selama ini, sehingga generasi yang kita ciptakan, tidak buta baca, tulis al qur’an, dan nantinya disimbolkan dengan prestasi yang kita raih di MTQ tahun 2021 ini, ungkapnya.

“Kepada para kafilah Kota Pariaman, mulai dari official, pelatih, pendamping dan anak-anak ku semua, yang tanpa mengenal lelah, berlatih dengan tekun, walau dengan keterbatasan anggaran yang ada, tapi jangan jadikan keterbatasan yang ada untuk tidak bisa meraih prestasi,tetapi malah menjadi penyulut agar kita dapat bisa berprestasi, mengharumkan nama Kota Pariaman di MTQ Nasional tingkat Sumbar ini,” tuturnya.

Genius juga meminta kepada Kafilah Kota Pariaman, untuk bisa mempertahankan peringkat Kota Pariaman di gelaran MTQ ke 39 di Sumbar, minimal meraih runner up atau peringkat kedua, seperti yang pernah diraih Kota Pariaman di MTQ ke 37 tahun 2017 yang lalu, pintanya mengakhiri.

Diakhir acara, peserta lomba Khat Kaligrafi memberikan kenang-kenangan hasil karya mereka selama menjalani TC dan pemusatan latihan selama ini, kepada Walikota Pariaman, Genius Umar.

Kafilah Kota Pariaman, berjumlah sebanyak 66 orang, serta pelatih dan official sebanyak 63 orang, dengan total rombongan sebanyak 129 orang, yang akan mengikuti 31 golongan lomba, di ajang MTQ ke 39 di Kota Padang Panjang ini. (J/02)

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *