banner 728x250

Wako Pariaman: SMK Harus Sejalan dengan Dunia Industri

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com — Walikota Pariaman Genius Umar menerima kunjungan dari Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Reti Wafda beserta rombongan dalam rangka survei dan evaluasi pelaksanaan pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Pariaman.

Walikota Pariaman  Genius Umar didampingi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Pariaman, Kanderi dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Pariaman, Buyuang Lapau menyambut hangat kunjungan tersebut di ruang kerja walikota, Balaikota Pariaman, Selasa (9/11).

banner 336x280

Terkait kunjungan Balitbang Sumbar tersebut, wako menyebutkan bahwa Kota Pariaman memiliki beberapa SMK seperti SMKN 1 Air Santok Pariaman (STM), SMKN 2 Pariaman (SMEA), SMKN 3 Pariaman (Pelayaran), dan SMKN 4 Pariaman di Desa Marabau.

Melihat keberadaan SMK di Kota Pariaman tersebut, Genius berharap pihak Provinsi harus memperbaiki kualitas sekolah yang sudah ada ini dan tingkatkan kualitasnya.

“Harusnya sekolah SMK itu misalkan saja yang jurusan mesin, harus tau apa kebutuhan pasar industri, diikuti oleh guru mengajar dan diikuti oleh fasilitas sekolahnya yang up to date dan mengikuti perkembangan zaman ,” ujarnya.

Genius mengatakan bahwa, SMK itu output nya harus sesuai dengan industri, harusnya cara belajarnya 30% di akademik (kelas/sekolah) dan 70% praktek (di lab/industri).

“SMK itu harus melakukan MoU dengan industri. Harus link and match dengan industri. Proses pembelajaran dan budaya kerjanya seperti halnya di industri itu sendiri ,” sebutnya.(02)

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *