banner 728x250

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Garda Terdepan Re-Branding Mahasiswa

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com—Mahasiswa saat ini harus mampu menguasai keterampilan masa depan, diantaranya, cognitive flexibility, digital literacy and computational thinking, creative and innovative mindset, emotional and social intelligence.

Demikian dikatakan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI, Muhammad Ali Ramdhani pada acara Focus Grup Discussion (FGD) Forum Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama PTKIN se-Indonesia, pada Kamis (28/10) di Serang.

banner 336x280

Kecakapan itu, lanjut Dhani harus diasah selama proses belajar di kampus dan harus ditunjukkan kepada masyarakat. “Mahasiswa perlu menyadari pentingnya kolaborasi, bukan hanya berkompetisi. Karenanya tidak ada lagi The Winner dan Loser, melainkan the Winner dan Learner. Mereka yang belum mencapai keberhasilan, sejatinya masih dan selalu belajar bukan kalah”, tutur Guru Besar UIN Sunan Gunungdjati Bandung.

Mantan Wakil Rektor III UIN SGD Bandung ini menegaskan peran Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama sangat sentral dalam menyiapkan mahasiswa yang mampu beradaptasi di new normal. “Era supremasi digital dan new normal memaksa mahasiswa untuk melakukan akselerasi pemahaman dan penguasaan teknologi di era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0”.

“Skill abad 21 yang menghendaki kita untuk memiliki wawasan literasi digital sudah hari-hari ini kita lakukan”, pungkas Dirjen Pendidikan Islam dihadapan 58 WR/WK III PTKIN se-Indonesia.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (DIKTIS) Amin Suyitno memaparkan pentingnya reposisi peran PTKIN menuju kelembagaan bereputasi internasional. “PTKIN harus melakukan transformasi multilevel, antara lain: Transformasi Institusi, Transformasi Digital dan Transformasi Internasionalisasi (3T)”, katanya.

Menurunt Guru Besar UIN Raden Fatah Palembang, transformasi kelembagaan PTKI tidak hanya sebatas berubah penamaan, melainkan menuju transformasi substansi melalui kebaharuan paradigma integrasi ilmu, inovasi dan produktifitas publikasi.

Suyitno mencontohkan gelaran AICIS ke 20 Tahun 2021 terbukti mampu mempercepat capaian inovasi konferensi berbasis teknologi informasi, salah satunya melalui AICIS One Touch. “Transformasi Internasionalisasi juga menjadi penting untuk mewujudkan PTKIN sebagai perguruan tinggi kelas dunia, melalui akreditasi dan rekognisi internasional” ungkapnya.

Rektor UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Wawan Wahyuddin mengatakan UIN Banten sedang melakukan pembenahan mendasar agar siap bersaing di era 4.0. “Mahasiswa menjadi elemen penting untuk mendukung transformasi institusi dan pembelajaran di UIN Banten”, katanya.  

Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Ruchman Basori mengatakan Focus Group Discussion (FGD) Wakil Rektor dan Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama PTKIN Se Indonesia adalah untuk akselerasi implementasi program-program kemahasiswaan, Cheking Akhir Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) di Palembang, dan Koordinasi Olimpiade Sains dan Riset (OASE) di UIN Aceh.

FGD akan berlangsung mulai tanggal 28-30 Oktober 2021. Para WR/WK III PTKIN disambut oleh Gubernur Banten Dr. H. Wahidin Halim dalam acara gala diner di Rumah Dinas Gubernur.(RB)

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *