banner 728x250

MWC NU Pancung Soal Terbentuk, Siap Bumikan Amalan Aswaja An-Nahdiyah Sampai ke Ranting

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com – Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdhatul Ulama Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan terbentuk. Caretaker PC NU Pesisir Selatan hadir memfasilitasi pembentukan pengurus yang berlangsung di Inderapura, Kecamatan Pancung Soal pada  Ahad (24/10/2021).Terpilih sebagai Ketua Tanfidziyah Zulfadlillah, M.Pd dan didampingi Sekretaris Darfindo, SE.

Wakil Ketua Caretaker PCNU Pesisir Selatan Suyatmin Widodo, M.TPd, didampingi Wakil Ketua lainnya Subiyanto, Sekretaris Eko Wahyudi, M.Pd, dan Wakil Sekretaris H. Ali Muhktarom, S.Pd berharap kepengurusan NU tidak hanya ada pada tingkat kecamatan saja. “Kami harapkan kepengurusan NU bisa terbentuk sampai pada tingkat bawah, ranting, bahkan bila perlu sampai tingkat terbawah yaitu anak ranting. Ini dibutuhkan  untuk memudahkan  menjemput saudara-saudara yang sudah berpaham Aswaja, namun  belum berafiliasi atau berjamiyyah dengan gerakan an-Nahdiyah,” tandas Suyatmin Widodo.

banner 336x280

Pembentukan  kepengurusan di tingkat anak ranting dimungkinkan, menurut Eko Wahyudi, karena sesuai dengan  Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Nahdlatul Ulama Hasil Keputusan Muktamar Ke-33 NU Jombang, Jawa Timur.  Pasal 12 AD, tambah Eko,  menegaskan bahwa struktur organisasi Nahdlatul Ulama terdiri dari pengurus besar di tingkat tertinggi dan Pengurus Anak Ranting tingkat terbawah yang berada di dusun, blok atau kampung.  Sebagaimana diatur dalam ART Pasal 14,   pembentukan Anak Ranting Nahdlatul Ulama dapat dilakukan jika terdapat sekurang-kurangnya 25  anggota.

Menanggapi harapan caretaker PC NU Pesisir Selatan, Suharboy, salah satu mutasyar terpilih, mengaku siap untuk membentuk ranting di seluruh wilayah kecamatan Pancung Soal. Lantaran, tandasnya, sebagian besar masyarakat di wilayah Kecamatan Pancung Soal umumnya mengamalkan amalan-amalan ahlussunah wal-jamaah namun belum banyak yang bergabung ke dalam organisasi keagamaan, termasuk pada NU. Setelah terbentuk kepengurusan, harapnya, mereka akan masuk dan berkhidmat pada organisasi NU.  (r/02)

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *