banner 728x250

Safra Haradi Rais Syuriah dan Yulkisra Ketua Tanfidziyah NU Solok Selatan 2021-2026

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com – Konferensi Cabang Nahdlatul Ulama (Konfercab NU)  Kabupaten Solok Selatan berhasil menetapkan Safra Haradi sebagai Rais Syuriah dan Yulkisra sebagai Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Solok Selatan masa khidmat 2021-2026. Keduanya terpilih pada Konfercab NU Solok Selatan yang digelar, Rabu (20/10/2021) di aula Kantor Bupati Solok Selatan, Padang Aro.

Sekretaris Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Sumatera Barat Suleman Tanjung saat pembukaan Konfercab mengungkapkan, amaliah NU dan pemahaman Islam Ahlussunnah Waljamaah mungkin sudah lama ada di Kabupaten Solok Selatan. Seperti tradisi zikir bersama usai shalat berjamaah, shalat Subuh baca Qunut, maulud, tahlilan dan sebagainya.

banner 336x280

“Namun, secara organisasi boleh jadi NU masih belum lama hadir di Solok Selatan. Tapi dengan amaliah yang sudah lama diamalkan masyarakat Solok Selatan, Insya Allah NU bias berkembang dan mendapat tempat di hati umat di daerah ini,” tutur Suleman.

Dikatakan Suleman, kehadiran NU, termasuk di Solok Selatan diharapkan mampu menjadi penangkal dari paham-paham keagamaan yang radikal, yang merusak pemahaman agama masyarakat yang sudah ada sebelumnya. Sehingga menimbulkan keresahan dan gesekan di tengah masyarakat. Tugas menjaga masyarakat agar jangan dirusak oleh pemahaman-pemahaman keagamaan yang tidak sejalan dengan amaliah umat selama ini. Itu juga bagian dari iman, membentengi umat dari pemahaman kegamaan yang keliru dan menyesatkan.

Bupati Solok Selatan diwakili Asisten I Fidel Efendi menyebutkan, Pemkab Solok Selatan mengajak NU untuk bergandengan tangan membangun Solok Selatan. NU yang sudah berumur 95 tahun, tentu memiliki pengalaman yang banyak dalam kehidupan berbangsa  dan bernegara. “Sehingga NU juga mengawal Pemerintah Solok Selatan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” kata Fidel Efendi yang juga Ketua DPD Muhammadiyah Solok Selatan.

Dikatakan Fidel, munculnya berbagai pemahaman keagamaan yang meresahkan masyarakat patut menjadi perhatian. Karena itu, kami mengajak untuk bersama-sama memberantas kalau ada aliran-aliran yang meresahkan masyarakat. “Dengan kebersamaan ulama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Solok Selatan, insya Allah keresahan akibat pemahaman keagamaan yang meresahkan itu dapat diantisipasi sedini mungkin,” kata Fidel menambahkan.

Turut memberikan sambutan Ketua Caretaker PCNU Solok Selatan Azwandi Rahman, Ketua Komisi I DPRD Solok Selatan Mukhlis, Kabag TU Kamenag Solok Selatan Fitriyoni.

Konfercab NU Solok Selatan juga menetapkan tim formatur yang akan melengkapi susunan kepengurusan PCNU Kabupaten Solok Selatan masa khidmat 2021-2026. Yakni ketua tim formatur Rais Syuriah terpilih Safra Haradi, Sekretaris Ketua Tanfidziyah terpilih Yulkisra, utusan Majelis Wakil Cabang (MWC) Khairul Fajri, utusan Caretaker PCNU Solok Selatan Hujaipah Dalimunthe dan utusan PWNU Sumbar Armaidi Tanjung. (02)

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *