banner 728x250

KIM Kelompok Masyarakat di Kecamatan

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com – Kegiatan rutin Dinas Komunikasi dan Informatika yaitu Dialog Interaktif Talkshow bersama Radio Safasindo FM kembali diadakan pada Kamis, 07 Oktober 2021. Hadir sebagai narasumber Heri Nizwar selaku Ketua KIM Kabupaten Lima Puluh Kota sekaligus Perangkat Nagari (Kasi Kesejahteraan) di Kantor Wali Nagari Tujuah Koto Talago, Kecamatan Guguak.

Diawal dialog Heri menjelaskan bahwa KIM merupakan kelompok informasi masyarakat yang ada di kecamatan – kecamatan. KIM dibentuk berdasarkan Permenkominfo nomor 08/PER/M.KOMINFO/06/2010 tanggal 1 Juni 2010 tentang Pedoman Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Nasional. Kabupaten Lima Puluh Kota memiliki 30 KIM. Struktur organisasinya terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara, Bidang Kemitraan, Bidang Pengelolaan Informasi, dan Bidang Pengembangan. Di nagari KIM berperan sebagai badan koordinator humasnya nagari. Fungsi KIM ada 5 yakni akses informasi, diskusi informasi, implementasi, networking, dan advokasi.

banner 336x280

Fungsi KIM tidak hanya dirasakan sampai tingkat nagari tetapi juga sampai tingkat jorong, karena KIM punya anggota di jorong yang disebut admin jorong. Admin jorong bertugas menyampaikan informasi yang terkait di jorong masing-masing baik itu data maupun peristiwa yang bersifat kemasyarakatan. Dengan demikian diharapkan dapat memfilter informasi di masyarakat terutama saat pandemi ini.

Di akhir dialog Heri menuturkan bahwa ia sangat mengapresiasi dukungan Pemda sehingga Kabupaten Lima Puluh Kota menjadi kabupaten pertama yang membentuk KIM di Sumatera Barat. Dan ia juga berharap kedepannya agar KIM lebih disupport dengan seminar dan pelatihan untuk setiap nagari agar keberadaannya lebih dirasakan oleh masyarakat dan sekaligus ia juga mengajak KIM di nagari-nagari untuk lebih aktif dan inovatif dalam menjalankan peran dan fungsinya.

“Saya mengajak kepada seluruh KIM di Kabupaten Lima Puluh Kota mari bergandeng tangan agar mampu memberi warna di masyarakat.” tuturnya.(npb/btr)

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *