banner 728x250

Bupati Padang Pariaman Himbau Masyarakat Selamatkan Diri Saat Ada Potensi Bencana

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com – Dihari Jumat yang berkah Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, SE., MM melaksanakan Kegiatan Jumat Balega dengan  mengunjungi Mesjid Raya Nagari Guguak Pasa Surau Kecamatan 2×11 Kayu Tanam untuk melaksanakan ibadah sholat Jum’at bersama masyarakat setempat, Jumat (1/10).

Setelah pelaksanakan ibadah sholat Jum’at sembari berkumpul dengan tokoh masyarakat setempat, Bupati menyampaikan beberapa program demi mewujudkan Padang Pariaman Unggul Berkelanjutan, Religius, Sejahtera dan Berbudaya yang lebih akrab disebut Padang Pariaman Berjaya.

banner 336x280

Suhatri Bur menyampaikan bahwa Jumat Balega dilakukan bermula adalah dalam rangka untuk hadir bersama-sama ditengah-tengah masyarakat menjaga silaturahmi. Silaturrahmi ini sekaligus menjadi ajang untuk mensosialisasikan program-program pemerintah kabupaten Padang Pariaman yang sudah dilaksanakan, sedang dilaksanakan dan yang akan dilaksanakan. Disamping itu Bupati juga menyampaikan harapannya dengan dilaksanakannya Jumat Balega ini, adalah juga dimaksudkan untuk menampung aspirasi yang ada ditengah-tengah masyarakat.

“Jumat Balega ini dilaksanakan pada awalnya adalah bagaimana Bupati dan OPD hadir ditengah-tengah masyarakat, mensosialisasikan program-program pemerintah dan menampung aspirasi masyarakat” ujar Suhatri Bur.

Suhatri Bur menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Nagari Guguak Pasa Surau Kecamatan 2×11 Kayu Tanam yang telah ikut mensukseskan program-program pemerintah kabupaten yang dilaksanakan di Nagari Guguak.

“Banyak program yang dilaksanakan di Nagari Guguak seperti Irigasi anai sasopan, pembangunan sentra coklat senilai 14 M di Nagari Guguak, Program Sergap Kakap Kampung KB, Program Bedah Rumah dari Baznas, Penyaluran Beasiswa dan Rehab Jamban Sehat,” ujarnya.

Suhatri Bur menyebutkan dalam usaha untuk memajukan nagari perlu dilakukan pembangunan akses jalan yang akan berdampak kepada perekonomian masyarakat. Semua program pembangunan tersebut perlu disosialisasikan kepada masyarakat sehingga dalam pelaksanaannya tidak mengalami kendala di kemudian hari.

Suhatri Bur tidak lupa berpesan kepada masyarakat dengan memperhatikan Cuaca ekstrim yang terjadi akhir-akhir ini di daerah kita, hujan lebat disertai dengan angin kencang pada Rabu malam telah mengakibatkan terjadinya  26 titik bencana seperti Banjir, Longsor dan Pohon Tumbang. Bencana yang menimpa daerah Kabupaten Padang Pariaman telah menelan 8 orang korban meninggal dunia dimana rinciannya 7 korban meninggal terjadi di rimbo kalam dan 1 korban meninggal di ulakan.

Selain korban meninggal dunia juga ada korban luka-luka sebanyak 4 orang yang

tersebar dibeberapa titik Longsor dan Banjir. Bencana terjadi dibeberapa titik diantaranya di Surantiah, Kasai, Kampuang Galapuang, Tandikek dan masih banyak titik lainnya.

Bupati menghimbau warga untuk berhati-hati terhadap cuaca ekstrim akhir-akhir ini karena keselamatan sangat penting apabila kita tinggal di   daerah rawan.

“Saya menghimbau kepada masyarakat apabila hujan lebat dan angin kencang datang diminta kepada masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana untuk pindah tempat dulu ketempat/kerumah yang aman atau mengungsi dulu agar keselamatan kita terjaga” ujar Suhatri Bur.

Suhatri Bur tidak lupa berpesan bahwa Pandemi Covid-19 belum usai, harus tetap menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat dan mengajak masyarakat untuk ikut di vaksin untuk keselamatan bersama.

“Untuk keselamatan bersama saya harapkan warga untuk ikut divaksin dan mengharapkan ninik mamak, alim ulama dan tokoh masyarakat untuk bersama-sama mengajak dan mengingatkan masyarakat untuk bersedia di vaksin, vaksin itu tidak haram karena hal tersebut akan membantu untuk Padang Pariaman kembali ke Level I” ujar Suhatri Bur mengakhiri.

Bupati menyambut baik masukan dari masyarakat Nagari Guguak Kecamatan 2×11 Kayu Tanam yang diwakili oleh Wali Nagari A. Yuni Kamil dan beberapa tokoh masyarakat yang memberikan masukannya dan akan segera menindaklanjutinya.

Senada dengan Bupati Wali Nagari Guguak Kayu Tanam Menyambut baik kegiatan Jumat Balega yang digiatkan oleh Bupati Padang Pariaman dan Berterima kasih kepada Bupati dan dinas-dinas terkait telah melaksanakan beberapa programnya di Nagari Guguak.

Jum’at Balega di Masjid Nagari Guguak,  ditutup dengan Penyebaran benih ikan sebanyak 3.000 benih ikan gariang oleh Bupati dan rombongan pada Saluran Irigasi di Mesjid Raya Nagari Guguak Pasa Surau Kecamatan 2×11 Kayu Tanam.

Rombongan Bupati saat Jumat Balega Mesjid Raya Nagari Guguak Pasa Surau Kecamatan 2×11 Kayu Tanam antara lain, Asisten I Rudi Rahmad, SE., MM., Staf Ahli Bidang Pembangunan Alfian, S.Pi, M.Si, Kadis Dikbud Drs. Anwar, MM, Inspektur Hendra Aswara, SSTP., MM, Camat Dion Pranata, SSTP., MM, Plt. Kabag Protokol Riki Zakaria, SH., MH dan Tokoh Masyarakat H. Bujang. (02)

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *