banner 728x250

Walikota Pariaman Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pacasila Secara Virtual

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com – Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Oktober 2021, dengan tema  “Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila”, diselenggarakan dengan cara yang sangat sederhana, mengingat pandemi covid-19 masih belum berakhir. Upacara dilaksanakan untuk mengenang peristiwa G30S/PKI, yang mengakibatkan gugurnya 6 perwira tinggi dan 1 perwira menengah TNI AD.

Walikota Pariaman Genius Umar, bersama dengan Forkopimda, Staff Ahli, Asisten, dan Kepala OPD dilingkungan pemerintahan kota pariaman, mengikuti upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di ruang rapat Balikota Pariaman, dimana bertindak selaku inspektur upacara, Presiden RI, Joko Widodo, yang dilakukan secara virtual, Jumat (1/10).

banner 336x280

Genius Umar mengatakan, bahwa kita harus bersama mengatasi permasalahan bangsa, berkolaborasi dengan seluruh komponen yang ada, sehingga kita dapat tangguh dengan selalu memegang teguh Pancasila sebagai landasan dasar negara kita, Indonesia, ulasnya.

Walikota Pariaman Genius Umar juga sebutkan bahwa, Hari Kesaktian Pancasila setiap tanggal 1 Oktober memang harus diperingati, untuk mengingatkan kembali masyarakat soal ideologi Pancasila yang tak bisa digantikan oleh paham apapun.

“Semoga apa yang telah dikorbankan oleh 7 orang  pahlawan tersebut bisa memberikan pelajaran kepada kita semua agar selalu berbuat sesuai dengan idiologi bangsa”, tegas Genius Umar.

“Selamat Hari Kesaktian Pancasila, semoga kita semua, dapat terus menjadikan Pancasila, sebagai dasar negara yang tidak akan tergantikan, karena para pendahulu kita telah merumuskan dengan seksama dan terbaik untuk seluruh bangsa”, pungkasnya.

Sementara itu Presiden RI Joko Widodo dalam akunt Instagramnya @jokowi , Jumat (1/10) mengatakan bahwa, upacara ini adalah untuk mengenang peristiwa kelam yang pernah terjadi di negeri ini, sekaligus mengingatkan bahwa Indonesia memiliki kekuatan dalam menghadapi setiap tantangan.

Beliau menegaskan bahwa Indonesia dengan Ideologi Pancasila dan segenap nilai yang dikandungnya memandu bangsa ini, untuk menghadapi berbagai bentuk tantangan meskipun datang di zaman yang berbeda. (tachi/02)

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *