banner 728x250

Kemenag Gelar Pembinaan Akreditasi Tingkatkan Mutu Perguruan Tinggi

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com—Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Ditjen Pendidikan Islam terus berupaya meningkatkan mutu perguruan tinggi, melalui akreditasi program studi dan institusi.

Hal itu dikemukakan Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasasama M. Adib Abdushomad, M,Ed., Ph.D pada Workshop Pembinaan Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi di Malang, beberapa waktu lalu (28-30/09).

banner 336x280

Pembinaan Akreditasi dilakukan untuk merespon Surat Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No.1624/BAN-PT/LL/2021 tanggal 1 Juli 2021 tentang Usulan Akreditasi bagi Program Studi dan Perguruan Tinggi yang Tidak Memenuhi Syarat Peringkat Akreditasi.

“Pembinaan akreditasi prodi dan PT merupakan upaya pemerintah hadir memberikan layanan kepada PTKI untuk peningkatan mutu dan kualitas perguruan tinggi”, lanjut Adib.

Perguruan tinggi yang diundang, kata Alumni UIN Walisongo ini adalah PT yang kurang sehat dan diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan borang akreditasi. “Komitmen pengelola PT sangat penting untuk menjamin mutu dan ditunjukkan dengan pembentukan Lembaga Penjaminan Mutu”, katanya. 

Alumni Administrasi Publik Flinders University ini menegaskan PTKI yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat Peringkat (TMSP TT) dari BAN PT diminta untuk segera memperbaiki dokumen borang akreditasi sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan rekomendasi dari Direktur Diktis sebelum submit ulang ke SAPTO.

Sekretaris Kopertais Dr. Yunus Abubakar, M.Ag berkomitmen melakukan pemetaan kondisi PT yang telah mendapatkan TMSP ataupun yang belum untuk antisipasi. “Kopertais Wilayah IV Surabaya berkomitmen untuk membina PTKIS yang mendapatkan TMSP, agar membenahi kualitasnya”.

“TMSP dari BAN PT merupakan peringatan lampu kuning dan jika tidak sungguh-sungguh dilakukan perbaikan, BAN PT akan merekomendasikan untuk penutupan”, jelas Yunus.

Kegiatan Pembinaan Akreditasi Pgogram Studi dan Perguruan Tinggi diikuti oleh 12 program studi yang mendapatkan TMSP APS dari 10 perguruan tinggi dan 12 lembaga yang mendapatkan TMSP APT.

Nampak hadir dalam kegiatan, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni UIN Maliki Malang Dr. H. Isroqunnajah, M.Ag, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Umi Sumbulah, M.Ag, Dekan Sains dan Teknologi Dr. Sri Harini, M.Si, Para Asesor BAN PT dan Para Kepala Seksi dilingkungan Direktorat Diktis.(AN)

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *