banner 728x250

Diskominfo Padang Pariaman Integrasikan Layanan SPBE Melalui Intan Bernik

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com – Mewujudkan transformasi digital di Padang Pariaman, Dinas Komunikasi dan Informatika  (Kominfo) terus berinovasi. Kali ini melahirkan aplikasi terpadu yang mengintegrasikan seluruh layanan yang berbasiskan elektronik.

Demikian diungkap Kadis Kominfo Kabupaten Padang Pariaman Zahirman di ruangkerja, kepada Sitinjausumbarcom, Selasa (28/9/2021).

banner 336x280

Zahirman mengatakan revolusi industri 4.0 di bidang tekhnologi informasi dan komunikasi memberikan perluang bagi pemerintah untuk melakukan inovasi pembangunan aparatur negara melalui penerapan Sistem Pemerintahan Berbasiskan Elektronik (SPBE). Tentu inovasi yang dilahirkan tersebut harus dapat mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka, partisipatif dan akuntabel serta dapat meningkatkan kolaborasi antar instansi pemerintah dalam melaksanakan urusan pemerintahan dan pelayananpublik.

“Dalam rangka mewujudkan optimalisasi SPBE di Padang Pariaman, kita bangun sebuah platform layanan terpadu untuk mengintegrasikan seluruh aplikasi baik yang sudah eksis  maupun yang akan dikembangkan. Nantinya Padang Pariaman akan berada dalam gengaman. Untuk melihat dan mendapatkan informasi serta layanan pemerintah cukup melihat pada smartphone yang ada digenggam kita. Aplikasi yang   diberi nama INTAN BERNIK,” kata Zahirman, mantan Kabag Humas Pemkab Padang Pariaman ini.

Bentuk keseriusan Kadis Kominfo dalam pembangunan platform layanan terpadu INTAN BERNIK terlihat dengan dijadikannya kegiatan ini sebagai inovasi Proyek Perubahan pada Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II (PKN2) LAN-RI di Badan Diklat Provinsi Yogyakarta. Inovasi ini juga mendapat dukungan penuh dariBupati Padang Pariaman Suhatribur sebagaimana yang diungkapkannya di depan penguji dan coach pada seminar RPP beberapa waktu yang lalu (15/9/2021).

Zahirman memaparkan,  sejauh ini organisasi perangkat  daerah di Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman telah melaksanakan SPBE. Namun masih berjalan sendiri-sendiri sesuai dengan kapasitasnya.

Melalui proyek perubahan yang sedang dijalankan ini dilakukan beberapa terobosan seperti  Pembangunan Aplikasi Layanan Terpadu Intan Bernik, Pembentukan Tim Koordinasi Percepatan Pelaksanaan SPBE, Penyusunan Peraturan Bupati tentang SPBE serta Penyiapan Masterplan SPBE. Tentu dengan terobosan tersebut, tata kelola dan manajemen SPBE dapat dioptimalisasi dan mengeliminasi sekat-sekat organisasi dan birokrasi di Padang Pariaman,” kata Zahirman.

Perkembangan  sistem informasi dan aplikasi di Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman cukup pesat. Hingga saat ini   terdapat 52 aplikasi dan 173 website. Sementara itu, untuk akses jaringan internet yang terkoneksi berbasiskan fiber optic juga telah menjangkau 27 OPD, 17 Kecamatan dan 25 Puskesmas. Disamping, secara mandiri 103 nagari juga telah memiliki akses internet masing-masing, kata Zahirman mengakhiri. (r/02)

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *