banner 728x250

Webinar Kewirausahaan IAI Sumbar Pariaman: Islam Anjurkan Umatnya Berwirausaha

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com – Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB)  Prof. Dr. Ir. H. Musa Hubeis, MS, Dipl. Ing, DEA, mengungkapkan Islam sangat menganjurkan para umatnya untuk melaksanakan kegiatan wirausaha, yaitu memiliki usaha sendiri yang dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal itu diungkapkan Musa Hubeis pada  Webinar General Kewirausahaan, Sabtu (25/9/2021)  melalui via Zoom Meeting Cloud dan Live Streaming Youtube. Kegiatan diselenggarakan Institut Agama Islam (IAI) Sumatera Barat,   dengan tema Meningkatkan Semangat dan Soft Skill Kewirausahaan di Era Pandemi. Webinar  dipandu  Eliza Sutri Utami, M.Psi.,Psikolog (Host) dan Dr. Andrianto, S.Pd.I.,MA sebagai moderator.

banner 336x280

Dikatakan Musa Hubeis, berbisnis adalah sesuatu kegiatan yang dilaksanakan untuk mewujudkan impian yang diinginkan dan bermanfaat secara individual serta masyarakat secara umum. Karena seseorang memiliki usaha, maka akan membuka peluang pekerjaan bagi masyarakat lain dalam mencukupi kebutuhannya serta dapat mengurangi kemiskinan yang ada di negara Indonesia  dan terhindar dari krisis. Baik krisis moral, ekonomi maupun sosial.

“Karena itu, masyarakat Islam itu bukan hanya sedekar menunggu rezeki yang datang pada kita, namun rezeki itu akan didapatkan melalui usaha dan kerja keras. Kerja keras harus  dibarengi dengan ibadah serta doa kepada Allah SWT. Semua yang telah kita impikan tersebut, mari kita tawakal (serahkan) kepada Allah SWT,” kata Musa Hubeis.

Rektor IAI Sumbar Pariaman Dr. Novi Yanti, SE.,MM, mengatakan,  webinar ini dalam rangka   pelaksanaan visi dan misi kampus IAI Sumbar Pariaman. Yaitu menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi yang profesional,inovatif, berjiwa entrepreneur dan menjunjung tinggi nilai-nilai serta budaya bangsa. Dalam aplikasi dari visi dan misi kampus tersebut, maka Institut Agama Islam Sumatera Barat Pariaman menghadirkan mata kuliah mahasiswa, yaitu Pengantar Bisnis Islam, Strategi Bisnis Islam, Ilmu Bisnis Digital dan Kewirausahaan.

“Webinar General Kewirausahaan merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dilaksanakan oleh Institut Agama Islam Sumatera Barat Pariaman dalam rangka untuk menunjang dan meningkatkan pengetahuan mahasiswa IAI SUMBAR Pariaman,” kata Novi.    

Rektor Universitas Sumatera Barat Dr. Hj. Nurtati, SE.,MM narasumber kedua menyampaikan   bahwa kewirausahaan merupakan sesuatu yang sangat penting bagi setiap orang dan terkhususnya mahasiswa Institut Agama Islam Sumatera Barat Pariaman. Hal ini sangat perlu  diaktifkan dalam bentuk pembelajaran pada perkuliahan sehingga lulusan IAI SUMBAR Pariaman dapat mengembangkan ilmu kewirausahaannya dalam menjalankan kehidupannya nanti.

“Kesuksesan itu bukan berarti orang yang memiliki harta banyak dan banyak uang dan sebagainya. Namun orang yang sukses itu adalah orang yang mampu mewujudkan impiannya, maka itulah orang yang sukses. Pandemic tidak merusak dunia usaha selama mereka bisa mengasah soft skill serta hard skillnya,” kata Nurtati.   

Tercatat  lebih dari 350 orang yang mendaftar dari berbagai lembaga dan institusi di Indonesia yang mengikuti webinarnya. Diantara UNISBAR, IAIN Kerinci, Pascasarjana Unand, Institut Kesehatan Helvetia Medan, UIN Imam Bonjol Padang, Universitas Pascasakti Tegal, Universitas Ibnu Khaldun Bogor, Universitas Indraprasta PGRI, IPB University, UMT, MUI Pusat, IAIN Manado, UIN Alauddin Makassar, Universitas Borobudur dan yang lainnya.  (Edriagus Saputra, Dosen IAI SUMBAR Pariaman).

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *