banner 728x250

Kampanye PTM, Wako Pariaman Ingatkan untuk CERDIK dan Pola Gaya Hidup Sehat

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com — Bagi orang yang mempunyai  penyakit tidak menular (PTM) akan sangat berbahaya bila terkena Covid-19. Sehingga akan memperparah kesehatan dan menjadi Komorbit (penyakit penyerta). Karena itu perlunya kita untuk selalu membudayakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Hal itu dimulai dari tenaga kesehatan atau kader PTM yang ada di setiap desa/kelurahan.

Demikian disampaikan Walikota Pariaman  Genius Umar ketika memberikan arahan pada Kampenye Penyakit Tidak Menular tingkat Kota Pariaman Tahun 2021, yang digagas oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pariaman, bertempat di halaman kantor Dinkes, Desa Naras, Kecamatan Pariaman Utara, Sabtu (25/9).

banner 336x280

“Berdasarkan data dari WHO Tahun 2018, bahwa 66 persen penyebab kematian di Indonesia adalah dari PTM (Penyakit Tidak Menular), dimana saat ini tren PTM semakin meningkat dan diderita kaum produktif,” ujarnya.

Kampanye Penyakit Tidak Menular tingkat Kota Pariaman tahun 2021, untuk yang pertama ini, sasaranya adalah para Kader PTM yang ada di setiap Desa/Kelurahan, karena merekalah nantinya yang akan mensosialisasikan ke masyarakat, bagaimana untuk “Cegah dan Kendalikan PTM sebagai Komorbit Covid-19, dengan CERDIK dan Patuh,” sesuai dengan Tema yang diambil kali ini, ulasnya menambahkan.

“Kita dapat mencegah dan mengendalikan PTM sebagai Komorbit Covid-19 dengan CERDIK, Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup dan Kendalikan stres, dan harus kita mulai dari sekarang,” ungkapnya. (mckp/02)

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *