banner 728x250

Tingkatkan Layanan Informasi Publik, Wako Pariaman MoU dengan Antara Digital Media

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com — Sebagai upaya peningkatan layanan informasi publik Pemerintah Daerah, Walikota Pariaman, Genius Umar,  menandatangani Memorandum of Understanding (MoU)  sekaligus Perjanjian Kerja Sama (PKS), antara Pemerintah Kota Pariaman dengan  Antara Digital Media, yang merupakan anak perusahaan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, bertempat di Wisma Antara, Jakarta, Rabu (22/09). Penandatanganan MoU ini menjadi istimewa karena disaksikan langsung oleh Deputi 7 Kementerian Polhukam RI, Marsda Arif Mustofa, dimana dirinya membawahi beberapa kementerian, termasuk Kominfo dan Antara.

Kerjasama ini dalam rangka layanan informasi publik melalui videotron untuk media luar ruang dan TVC maupun TV Robot untuk media dalam ruang. Hal ini sesuai dengan konsep Kota Pariaman sebagai Smart City, dimana Pemerintah Kota Pariaman terus membenahi pengembangan infrastruktur digital yang dimilikinya.

banner 336x280

“Kerjasama saling menguntungkan dengan Antara Digital Media, yakni anak perusahaan LKBN Antara, dan hal ini juga dalam upaya mewujudkan kemajuan pembangunan Kota Pariaman yang berlandaskan inovasi dan kolaborasi,” ujar Genius Umar.

Orang nomor satu di Kota Pariaman ini juga berharap, pemasangan videotron dan TVC maupun TV Robot dari Antara Digital Media ini, nantinya mampu mendukung penyampaian informasi dari Pemko Pariaman kepada masyarakat, baik lokal, nasional maupun internasional, sehingga diseminasi informasi yang disampaikan bisa sampai dengan maksimal, ulasnya.

“Kerjasama ini selaras dan meneguhkan kembali visi misi Pemko Pariaman dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik, sehingga keterbukaan dan penyebaran informasi yang ada di Kota Pariaman, semain lebih baik lagi,” tukasnya.

“Dengan sinergi Kota Pariaman dengan Antara Digital Media, dapat memberitakan kebijakan maupun pembangunan Kota Pariaman lebih terblow up secara luas, mengingat LKBN Antara, merupakan media yang  tidak hanya mencakup nasional saja, tetapi juga internasional,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut, Pemko Pariaman melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) juga melakukan penandatanganan kerjasama (PKS) antara Plt Kepala Diskominfo Kota Pariaman, Adi Junaidi dengan CEO (Chief Executive Officer ) Antara Digital Media, Darmadi.

Sementara itu, CEO Antara Digital Media, Darmadi mengatakan bahwa program ini merupakan upaya Antara untuk membantu promosi daerah, sehingga kinerja dari Pemerintah Daerah dapat tersosialisasikan.

“Setelah penandatanganan MoU dan PKS ini, pihaknya akan melakukan survei ke titik yang sudah diusulkan oleh Pemerintah Kota Pariaman, sehingga kita dapat memeriksa apakah tempatnya layak dan cocok untuk pemasangan videotron yang akan kita hibahkan nanti,” tuturnya.

Lebih lanjut Darmasi mengungkapkan bahwa videotrone nantinya akan membuat 40 persen berita khusus Kota Pariaman yang disediakan oleh Dinas Kominfo Kota Pariaman, sedangakn 60 persenya, adalah berita nasional dari LKBN Antara, ucapnya.

Darmadi juga menjelaskan bahwa Antara sebagai Humas atau PR pemerintah, harus membangun opini yang baik dan mempunyai tanggungjawab untuk menyampaikan informasi yang mendidik dan mencerdaskan dalam rangka menjaga keutuhan NKRI.

“Antara Digital Media dengan moto Tersebar satukan negeri, dimana kita mencakup seluruh indonesia, sehingga Kota Pariaman akan dikenal oleh seluruh Indonesia, dan Indonesia juga dikenal di kota pariaman, dengan ini kita tetap menjaga keutuhan NKRI serta membawa pesan yang positif dari pemerintah daerah sampai pemerintah pusat,” tuturnya.

Dengan adanya media videotrone tersebut, nantinya diharapkan program-program Pemerintah Daerah, bisa lebih mudah sampai ke publik, dan dikonsumsi secara nasional, sehingga akan meningkatkan keberadaan keterbukaan informasi publik Kota Pariaman secara nasional dan global, tutupnya mengakhiri.

Hadir mendampingi Walikota Pariaman ke Wisma Antara di Jakarta ini, Plt Kepala Diskominfo, Adi Junaidi, Kadis Parbud Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono, dan Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi,  Publik, Diskominfo, Elfadri.  (J/02)

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *