banner 728x250

Rektor UIN Raden Fatah Palembang: Perkemahan Wirakarya Nasional PTK Perkuat Moderasi Beragama

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com—Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN-PTK) XV Tahun 2021 menjadi agenda penting untuk memperkuat moderasi beragama dan semangat kebangsaan.

Demikian dikatakan Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag, M.Si pada Rapat Koordinasi Wakil Rektor/Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama PTKIN Se-Indonesia yang digelar di Wyndham Opi Hotel Palembang, 14-16 September 2021.

banner 336x280

“PWN PTK sangat strategis untuk mendesiminasikan gagasan moderasi beragama untuk mahasiswa dan menguatkan solidaritas”, terang Nyayu Khadijah.

Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang ditunjuk Kementerian Agama RI sebagai tuan rumah kegiatan PWN PTK XV Tahun 2021 yang akan digelar pada 9-14 November 2021 bertempat di Jakabaring Sport Center (JSC) dan UIN Raden Fatah Palembang yang akan dihadiri oleh 450 pramuka penegah-pandega PTK se-Indonesia.

“UIN Palembang menjadi tempat dilaksanakan kegiatan, namun kesuksesan kegiatan menjadi tanggung jawab kita bersama,” ungkap Nyayu Khodijah dihadapan 58 WR/WK III PTKIN se-Indonesia.

Gubernur Sumatera Selatan diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan, Dr. H. Rosidin Hasan, M.PdI mengatakan,  Provinsi Sumatera Selatan merasa bangga menjadi tuan rumah pelaksanaan PWN PTK XV.

“Kebanggaan ini dikarenakan atmosfer keberagaman moderasi beragama akan menyala di bumi Sriwijaya. Provinsi Sumatera Selatan menjadi poros keberagaman dalam agenda nasional tersebut,” ungkap Rosidin Hasan.

Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan Direktorat Diktis Ditjen Pendidikan Islam Ruchman Basori mengatakan berbagai pendekatan dan metode tengah dilakukan untuk mendesiminasikan moderasi beragama, salah satunya melalui PWN PTK.

“Berbagai menu kegiatan PWN PTK diarahkan untuk meningkatkan wawasan dan sikap moderasi beragama, semangat kebangsaan dan Pendidikan anti korupsi”, kata Mantan Aktivis 1998 ini.

Ruchman menambahkan dalam PWN juga akan dipecahkan Rekor MURI berupa pembuatan Pantun Moderasi Beragama Terbanyak, yang akan ditulis peserta perkemahan dan civitas akademika PTKIN.

Kegiatan juga dihadiri oleh Asisten Gubernur Sumatera Selatan KH. Drs. Rosyidin, M.Ag, Wakil Rektor I Dr. Muhammad Adil, M.A, WR II Dr. Abdul Hadi, M.Ag, WR III Dr. Hj. Hamidah, M.Ag Kepala Biro AUPK dan Karo AAKK Mirwan Fasta, S.Ag, M.Si, Ketua Forum WR/WK III PTKIN se-Indonesia Sumper Mulia Harahap dan Waslitev PWN PTK XV 2021.( (JUFRIZAL/RB)

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *