banner 728x250

Enumerator Pemetaan Penyuluh Agama Padang Pariaman Serahkan Berkas ke Koordinator

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com –Enumerator Pemetaan Penyuluh Agama Islam di Kabupaten Padang Pariaman serahkan lembar penilaian tes wawancara pemetaan Penyuluh Agama Islam tentang wawasan kebangsaan dan paham keagamaan. Penyerahan berkas oleh Enumerator Pemetaan Penyuluh Agama Islam di Kabupaten Padang Pariaman Armaidi Tanjung kepada Koordinator Enumerator  Pemetaan Penyuluh Agama Islam Sumatera Barat Dr. Rahmat Tuanku Sulaiman, S.Sos, MM, pada  Ahad (19/9/2021) di kediamannya, Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman.

Menurut Rahmat Tuanku Sulaiman, dari 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat, ada 26 orang enumerator yang melaksanakan pemetaan penyuluh Agama Islam. Bagi kabupaten/kota yang memiliki kurang dari 80 orang penyuluh, maka terdapat satu orang enumerator. Sedangkan yang kabupaten/kota yang lebih dari 80 orang penyuluh Agama Islam-nya, maka terdapat dua orang enumerator.

banner 336x280

“Pelaksanaan pemetaan yang berlangsung selama 14 hari kerja, dimulai pada 30 Agustus 2021 lalu. Pemetaan sudah berakhir pada 16 September 2021 kemaren. Masing-masing petugas enumerator ditugaskan mengimput data yang diperoleh dilapangan yang selanjutnya dikirimkan ke Kementerian Agama di Jakarta. Sampai hari ini sudah lebih 50 persen yang menyerahkan hasilnya,” kata Rahmat, doktor lulusan Universitas Bengkulu ini.

Dikatakan Rahmat, seluruh berkas pemetaan penyuluh Agama Islam ini  dikirimkan ke Kementerian Agama di Jakarta. Hasilnya akan dianalisis dengan mengadakan Forum Group Discusses (FGD) untuk melihat sejauhmana pemahaman tentang wawasan kebangsaan dan paham keagamaan penyuluh agama Islam ini.

Pemetaaan penyuluh Agama Islam ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran bagaimana  wawasan kebangsaan dan pemahaman keagamaan penyuluh agama Islam. Penyuluh Agama Islam yang selalu berhadapan dengan masyarakat, tentu perlu memiliki wawasan kebangsaan dan pemahaman keagamaan yang diinginkan Kementerian Agama RI, kata Rahmat.

“Pemetaan ini penting dilakukan mengingat penyuluh adalah garda terdepan Kementerian Agama di tengah masyarakat. Sehingga penyuluh agama Islam diharapkan menjadi menyambung pesan-pesan keagamaan dari Kementerian Agama di tengah masyarakat. Sebagai tenaga yang mendapatkan imbalan dari Kementerian Agama, tentu harus ikut menyampaikan pesan-pesan Kementerian Agama,” kata Rahmat menambahkan.

Sementera itu, Enumerator Pemetaan Penyuluh Agama Islam di Padang Pariaman Armaidi Tanjung menyebutkan, di Padang Pariaman terdapat Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) sebanyak 25 orang. Sedangkan Penyuluh Agama Islam Honorer (PAIH) atau non-PNS terdapat 134 orang. Petugas enumerator dua orang, masing-masing Armaidi Tanjung dan Alva Anwar.

Menurut Armaidi Tanjung, pelaksanaan pemetaan penyuluh agama tersebut berjalan dengan baik yang difasilitasi Kasi Bimas Kakamenag Padang Pariaman Adri Ahmad dan para kepala Kantor Urusan Agama (KUA) di masing-masing kecamatan. (02)

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *