banner 728x250

FIK Unisbar Gelar Webinar Dampak Pandemi Covid 19 Tehadap Kesehatan Jiwa

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com – Universitas Sumatera Barat  (Unisbar) Pariaman  menggelar  webinar dengan tema  Dampak Pandemi Covid 19 Tehadap Kesehatan Jiwa. Webinar digelar bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan  dalam  strategi menghadapi covid 19.

Demikian diungkapkan Rektor Unisbar DR. Hj. Nurtati, SE, MM, Kamis (16/9/2021) kepada Sitinjausumbar.com. Menurut Nurtati, webinar yang digelar pada   Sabtu (11/09/2021) lalu via channel zoom dan YouTube  diikuti  peserta sebanyak 1.056 orang yang terditi dari dosen, tenaga pendidik dan mahasiswa yang berasal dari Universitas Sumatera Barat maupun dari luar Universitas Sumatera Barat, termasuk dari  luar provinsi Sumatera Barat seperti Kalimantan, Papua, Denpasar, Pulau Jawa dan Sumatera.

banner 336x280

Webinar    Kaprodi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Sumatera Barat Ns.Renty Ahmalia,M.Kep dan moderator   Ka.Prodi D III Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Sumatera Barat Ns. Dini Qurrata Ayuni, SKM,M.Kep.

Nurtati menyebutkan, menghadapi disrupsi ekonomi di tengah Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia yang menyebabkan sebagian masyarakat terpaksa harus kehilangan banyak hal dari segala aspek kehidupan. Salah satunya sektor yang berpengaruh adalah sektor kesehatan, ekonomi dan social. Faktor ekonomi berperan penting dalam situasi pandemiksaat ini. Adapun strategi bisnis yang dapat dilakukan pada masa pandemic ini adalah pertama, kelola emosi dan kesehatan jiwa, kedua kreatif melihat peluang bisnis, ketiga, ikut tren belanja konsumen, empat, buat rencana kedepan yang  tepat, kelima, menjaga pelanggan, keenam, novasi baru serta Brand story membuat mimpi menjadi nyata.

Pembicara  DR.Ns. Heni Dwi Windarwati,M.Kep,Sp.Jiwa  yang mengulas materi tentang ‘Pemetaan Kebutuhan Psikososial di Masa Pandemi”. Adapun strategi psikososial yang dapat dilakukan saat situasi pandemi saat ini adalah antisipasi stress dengan melakukan manajemen stress,memonitoring kesehatan jiwa dan menyiapkan diri sertamelakukan hal-hal yang positif.

Ka.Prodi S1 Keperawatan Ns.Septa Nelli, M.Kep yang mengulas materi  Mengelola Kecemasan Pada Saat Pandemi Covid 19. Salah satu kunci penting dalam mengelola kecemasan adalah pada penyeleksian informasi yang diterima dalam kurun waktu tertentu. Informasi tersebut hendaklah berasal dari sumber terpercaya dan memiliki kredibilitas dibidangnya. (02)

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *