banner 728x250

Ketua HKTI Kota Pariaman Apresiasi Lisa yang Sukses Dengan Organic Tower Garden

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com  — Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius, memberikan apresiasi Lisa yang sukses dengan Organic Tower Garden (OTG) yang dikembangkannya.

Hal ini disampaikan   Ketua HKTI Kota Pariaman ketika melihat  langsung OTG karya si cantik Lisa yang biasa dipanggil Icang, gadis asal desa Bungo Tanjuang, Kecamatan Pariaman Timur, Minggu (13/9).

banner 336x280

“Kami mengapresiasi Lisa yang merupakan Sarjana lulusan Universitas Andalas (Unand) ini, yang  berhasil meraih satu diantara 12 pemuda se dunia, yang mendapatkan CSR dari Bangladesh Youth Leadership Centre (BYLC) pada Tahun 2021 pada Juli kemaren,” ungkapnya.

Organic Tower Garden buatan Lisa Rizka Amelia, nama lengkap Lisa ini, merupakan alat yang terbuat dari ember cat bekas dan paralon sebagai bahan utama, dimana sampah rumah tangga dibuang di ember ini dan sekaligus menjadi pupuk pada media tanam disekelilingnya.

“Banyak pengolahan sampah organik RT yang seperti ini. Beberapa waktu lalu, kami juga mendapat bantuan dari PT Semen Padang sebanyak 100 buah  solar biodegester. Alat ini ditanam sebagian di dalam tanah untuk selanjutnya menjadi tempat sampah organik yang juga menjadi pupuk untuk tanaman di sekitar,” ujarnya.

Istri walikota Pariaman ini juga menuturkan bahwa terkait penemuan Lisa ini, lebih praktis dan bisa sekaligus memilih jenis tanaman yang mau ditanam. Untuk yang tidak punya lahan bisa juga memanfaatkan alat ini, ulasnya. (mckp/02)

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *