banner 728x250

Wako Pariaman: Setiap Anak Harus Kenal Pendidikan Melalui PAUD Sejak Dini

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com — Setiap anak yang ada di Kota Pariaman sudah harus mulai mengenal pendidikan melalui Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Hal ini disampaikan Walikota Pariaman  Genius Umar, ketika meletakan batu pertama Pembangunan Gedung PAUD Desa Naras I, yang berlokasi di Lapangan Sholat Idul Fitri, Kanagarian III Koto Naras, Kecamatan Pariaman Utara, Jum’at (10/9).

Genius menjelaskan, pendidikan merupakan sebuah proses yang penting yang ditulis dalam tujuan negara yang tertuang dalam undang-undang dasar yakni upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, begitu juga dengan tugas daerah yang ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, di mulai dari tingkat desa/kelurahan, ulasnya.

banner 336x280

“Pemerintah mengajak serta semua lapisan masyarakatnya untuk ikut dalam mencerdaskan anak bangsa melalui pendidikan anak usia dini yakni melalui PAUD, dan kami harapkan, seluruh desa/kelurahan di Kota Pariaman sudah harus memiliki PAUD,” tuturnya.

Lebih lanjut Genius lulusan S3 IPB ini mengatakan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) didorong untuk meningkatkan layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai wujud untuk menyiapkan sumber daya manusia sejak dini. Dasarnya adalah Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimal bagi Layanan PAUD.

“Maka PAUD menjadi salah satu layanan pendidikan yang wajib diselenggarakan oleh pemerintah daerah, karena itu semua anak-anak desa/kelurahan harus kita pastikan belajar di PAUD dengan metode pembelajaran yang mudah dipahami, menarik, menggunakan alat peraga dan langsung dipraktekan,” tukasnya.

Genius juga menambahkan akan selalu mendukung dan membantu untuk mensukseskan pembangunan gedung PAUD yang menggunakan Dana Desa. Hal ini sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap kecerdasan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa, terangnya.

“Hal ini juga sesuai dengan Perpres Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, yang tujuannya mengamanatkan penyediaan akses bagi anak laki-laki dan perempuan terhadap PAUD yang berkualitas, inklusif, dan berkesetaraan dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat,” tutupnya.

Pj. Kepala Desa Naras I, Azman mengatakan, bahwa pembangunan Gedung PAUD ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena pada mulanya Gedung PAUD yang lama hanya mengontrak dan sudah tidak layak untuk dipergunakan sebagai sarana untuk mengadakan aktivitas pembelajaran. Semoga nantinya Gedung ini dapat dipergunakan dengan sebaik baiknya oleh masyarakat, katanya.

“Pembangunan gedung PAUD Desa Naras I ini direncanakan memakan waktu 3 bulan, dan menelan biaya sebesar Rp. 322.122.120 rupiah, dengan sistem Swakelola menggunakan pekerja yang berasal dari desa, dimana hal ini kita lakukan untuk meningkatkan perekonomian warga, terutama pada masa pandemi covid-19 saat ini,” ungkapnya.

Dengan terciptanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat, Pemerintah Desa Naras I berharap daya beli masyarakat akan meningkat, sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat dan daerah, harap Azman mengakhiri. (J/02)

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *