banner 728x250

Gagas Rumah Baca Peduli Bangsa, Tumbuhkan Minat Baca dan Menulis dari Pinggiran

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com – Berdirinya Rumah Baca Peduli Bangsa di Jorong Teluk Sikai Nagari Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya merupakan gagasan seorang pemuda yang bernama Age Kurniawan, Alumni Magister Manajemen Universitas Negeri Padang yang prihatin terhadap rendahnya tingkat literasi.

Berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019

banner 336x280

Negara Indonesia menempati ranking ke 62 dari 70 negara berkaitan dengan tingkat literasi, atau berada 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah.

Di kawasan ASEAN, posisi budaya literasi Indonesia berada di bawah Singapura, Malaysia, dan Thailand. Sebagai negara dengan penduduk terbanyak ke-5 di dunia, masayarakat Indonesia dianggap tidak gemar membaca, menulis, berhitung ataupun berkreasi yang menjadi ciri kuatnya tingkat budaya literasi suatu bangsa.

“Dengan melihat kondisi kenakalan remaja dan kehidupan anak muda sekarang, kita kwartirkan terbawa arus oleh perkembangan teknologi sekarang ini, mengakibatkan tidak tersaringnya arus informasi, mana berita hoax dan mana berita yang faktual terombang-ambing pemikirannya, apabila budaya literasi rendah pada akhirnya membuat sulit menyeleksi berita yang beredar,” terangnya Age, Rabu (8/9/2021).

“Untuk membiasakan masyarakat menyenangi membaca perlu dicari pola dengan berbagai strategi, seperti keluarga, sekolah dan komunitas lainnya. Untuk itu, identifikasi kebutuhan, strategi, cara-cara dan berbagai hal yang berkaitan dengan prosedur kegiatan harus disusun semenarik mungkin,saya sudah persiapkan semuanya tapi perlu di diskusikan bersama kembali agar lebih terarah dan tepat sasaran,  Gagasan kecil ini semoga bisa menjadi gagasan besar nantinya, berawal dari kampung kita ini, harap Age Kurniawan mengakhiri. (Myi )

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *