banner 728x250

Peringati Hari Pramuka Ke-60, Kwarcab 0314 Kota Payakumbuh Gelar Aksi Donor Darah

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com — Dalam rangka peringatan hari jadi Pramuka ke-60 tahun 2021, Kwartir cabang (Kwarcab) 0314 kota Payakumbuh laksanakan rangkaian kegiatan Bakti Pramuka di kota Payakumbuh. Digelar di penghujung bulan Agustus, bakti pramuka yang dilaksanakan Kwarcab 0314 kota Payakumbuh pada, Sabtu (28/8) dimulai dengan aksi donor darah dan dilanjutkan bagi masker dan handsanitizer di pusat kota Payakumbuh.

Aksi donor darah yang digelar Kwarcab 0314 kota Payakumbuh berkolaborasi dengan PMI kota Payakumbuh itu turut dihadiri ketua Kwarcab 0314 Rida Ananda, Wakil ketua Kwarcab 0314 Erwan, wakil ketua bidang organisasi dan hukum Delni Putra serta pengurus Kwarcab 0314 lainnya yang berlangsung di aula pertemuan ngalau indah lantai III kantor walikota.

banner 336x280

Dengan mengusung tema “Berbakti Tanpa Henti”, Kwarcab 0314 kota Payakumbuh menurut ketua Kwarcab Rida Ananda harus menjadi garda terdepan dalam melakukan kegiatan bakti dan sosial di masa pandemi Covid-19.

Rida Ananda mengatakan bahwa kegiatan aksi donor darah ini merupakan bagian dari program Kwarcab di bidang pengabdian masyarakat. Dan aksi donor darah ini ialah untuk memaknai salah satu ‘Dasa Dharma Pramuka’, yakni kasih sayang sesama manusia.

“Ini adalah wujud dari pengamalan dari Dasa Darma gerakan Pramuka cinta alam dan kasih sayang sesama manusia dan Kwartir Nasional juga telah menetapkan bahwa bulan Agustus itu adalah bulan bakti,” ujarnya.

Lanjutnya, tahun ini Kwarcab kota Payakumbuh sengaja memilih kegiatan donor darah karena melihat kebutuhan darah terutama di masa pandemi ini sangat dibutuhkan. Kemudian kegiatan donor darah ini menurutnya bisa terorganisir dengan baik tanpa menimbulkan kerumunan dan penerapan Prokes yang ketat.

Kegiatan donor darah yang dibuka secara umum ini menargetkan 100 kantong darah. Terlihat pada saat kegiatan dilakukan pendonor datang dari berbagai elemen, seperti TNI, Polri, anggota Pramuka dan masyarakat umum lainnya. Dirinya berharap kantong darah yang dikumpulkan pada kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Mudah-mudahan donor darah yang dilaksanakan pada hari ini bisa menghadirkan lebih banyak jumlah kantong darah, sekaligus memberikan motivasi kepada seluruh warga Gerakan Pramuka untuk mengamalkan dasa darma kita dan mudah-mudahan gerakan Pramuka bisa memberi sumbangsih bagi manusia dan kemanusiaan,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Sosial Kota Payakumbuh, Erwan juga menyampaikan jika ada dua kebaikan yang di dapatkan oleh manusia apabila mendonorkan darahnya, yaitu membantu orang dapat memperbarui darah di dalam tubuh dan menolong orang yang sangat membutuhkannya.

Wakil Ketua Kwarcab 0314 Erwan turut berharap jika kegiatan aksi donor darah kedepannya dapat menjadi program rutin yang berkelanjutan.

Dan dalam mensukseskan kegiatan aksi donor darah tersebut, panitia acara selain menyediakan kebutuhan konsumsi, juga menyediakan doorprize bagi setiap pendonor. (npb/btr)

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *