banner 728x250

Sambut Tahun Baru Islam 1443 H, Pemuda Paguah Dalam Gelar Lomba MTQ

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com – Memperingati datangnya tahun baru Islam,  remaja pemudi Paguah yang tergabung Kesatuan Pemuda Nagari Kuraitaji, Kecamatan Nan Sabaris, Kabupaten Padang Pariaman mengadakan perlombaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) bagi remaja setempat di Masjid Raya Ketimbuang pada 21-22 Agustus 2021 lalu.

Ketua Panitia M. Raffi Nasdi mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk Nagari Kuraitaji yang berada di Kecamatan Nan Sabaris yang kepanitiaannya melibatkan seluruh pemuda Paguah dalam yang berjumlah 28 orang dan remaja Masjid Raya Katimbuang.

banner 336x280

Jenis kegiatan yang diperlombakan berupa 3 cabang Lomba MTQ remaja, Lomba Tilawah remaja, Lomba adzan remaja, Lomba pidato, sebut  mahasiswa jurusan Ilmu Ekonomi Syariah UIN IB ini.

Ia menyebutkan pada kegiatan tersebut berkesempatan untuk menjadi pengamat lomba cerdas cermat Islam bersama Muhamad Berkah. Selain itu mahasiswa KKN-PPM Universitas Bung Hatta lainnya juga terlibat menjadi dewan juri.

Pemuda Paguah dalam berikan hadiah piala khusus untuk para pemenang dalam lomba ini. Total piala yang diberikan sebanyak 9 piala untuk 3 kegiatan lomba bagi juara I, II dan III pada setiap kategori. Dalam pemberian piala pemenang ini langsung diserahkan oleh ketua pemuda dan kapalo mudo nagari Kurai taji beserta perwakilan pemuda lainnya.

Rafi menyebutkan selama berlangsungnya kegiatan ini memotivasi kembali anak anak mengaji dan qori-qoriah semakin giat lagi dan menggembirakan dakwah pada momentum tahun baru islam. Melalui kegiatan ini pemuda paguah dalam dapat semakin mendekatkan diri dan melakukan program memberdayakan masyarakat khususnya bagi remaja atau pelajar Nagari Kurai Taji.

Ketua Pemuda Korong Paguah Dalam Efriandi menyebutkan ini merupakan langkah awal bersama pemuda, bagaimana kita mengajak kembali anak-anak muda kita untuk ke masjid, terkhusus remaja Korong Paguah Dalam.

Sebanyak 13 Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) se Nagari kurai taji untuk mengikuti acara tersebut, alhamdulilah kegiatan tersebut berjalan lancar tak ada halangan dengan jumlah peserta yang hadir lebih kurang 70 orang.

Kaur Tata Usaha dan Umum Nagari Kuraitaji, Lisa Refmita melihat antuasias anak-anak muda dalam kegiatan islami ini, insyaallah kami dari Pemerintahan Nagari Kuraitaji sangat mensupport penuh baik sarana prasana serta fasilitas seperti khafilah serta hadiah di dalam RAPB nagari untuk menyukseskan acara MTQ kedepannya. Harapan kami seluruh pemuda aktif dalam membangun nagari bidang SDM guna mewujudkan cita-cita nagari yang aktif, inovatif serta produktif meski pada masa pandemi” pungkasnya. (BP/02)

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *