banner 728x250

Menyemarakkan Kembali ke Surau

  • Share
banner 468x60

oleh : Edriagus Saputra, S.Th.I.,M.Ag

Indonesia merupakan Negara terbesar di dunia yang dihunyi oleh beragam bahasa, etnis, budaya, tradisi, Agama dan suku. Salah satu suku yang terdapat di Indonesia, yaitu Suku Minang kabau yang terdapat pada Daerah Provinsi Sumatera Barat. Masyarakat Minang Kabau merupakan masyarakat yang memeluk Agama Islam dan banyak kegiatan keagamaan maupun sosial yang dilaksanakan pada Masjid, Mushala dan surau.

banner 336x280

Pada zaman dahulu, bahwa Masjid, Mushala dan surau banyak aktifitas yang dilaksanakan oleh masyarakat, seperti Majlis Ta’lim, Wirid Mingguan, Wirid Bulanan, Didikan Shubuh maupun bentuk kegiatan Wirid Remaja. Namun dengan perkembangan zaman sekarang, sudah banyak Masjid, Mushalla dan surau ditinggalkan oleh para Jamaahnya, sehingga kegiatan tempat ibadah sudah mulai sepi.

Oleh karena itu, dalam rangka untuk menyemarakkan kembali kegiatan “Kembali Ke Surau”, maka salah satu Organisasi Kepemudaan Islam yang berada di Kabupaten Padang Pariaman berusaha mengembalikan tradisi yang sempat hilang. Organisasi tersebut bernama Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) Kabupaten Padang Pariaman. JPRMI merupakan sebuah organisasi yang bergerak dalam memajukan Masjid, Surau dan Mushalla yang berada di Kabupaten Padang Pariaman.

Organisasi ini bergerak dalam bidang Syiar Islam dengan tujuan untuk mengaktifkan Pemuda/I dan Remaja Masjid maupun masyarakat yang berada di Lingkungan Wilayah Pemerintahan Padang Pariaman. Selain itu, kegiatan Kembali ke Surau juga merupakan salah satu tujuan Pemerintahan Kabupaten Padang Pariaman dalam rangka untuk meramikan kembali tempat Ibadah yang berada di wilayahnya.

Pada hari Minggu, 22 Agustus 2021 kemaren Pengurus JPRMI tahun kerja 2021 sampai 2024 telah dilantik oleh Dewan Pengurus Wilayah Sumatera Barat yang dilaksanakan pada Aula Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Cahaya Hati Pauh Kambar Padang Pariaman. Pelantikan Pengurus Baru JPRMI Padang Pariaman langsung dilantik oleh Ketua Umum JPRMI Provinsi Sumatera Barat.

Pelantikan Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Padang Pariaman periode 2021-2024 bertemakan “Mewujudkan Pengurus JPRMI Padang Pariaman yang berkualitas, Profesional, dan Amanah”. Pada acara pelantikan juga dilanjutkan dengan acara syiar Islam dalam rangka memberikan motivasi dan support untuk melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai pengurus baru JPRMI Padang Pariaman untuk mengembalikan kebiasaan masyarakat Islam Padang Pariaman. Panitia Pelaksana mendatangkan Narasumber dari Kota Padang, yaitu H. Zulfahman, MA dengan mengangkatkan tema “Peran Pemuda dan Remaja Islam dalam Mengatulisasikan Kembali ke Surau”.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dewan Pengurus Wilayah Sumatera Barat, Assalam Padang Pariaman, IKADI Padang Pariaman, Piaman Madani dan LPPM Padang Pariaman dengan menerapkan Prokes yang ketat oleh panitia pelaksana kegiatan.

melalui pengurus baru JPRMI Padang Pariaman ini, kedepannya diharapkan agar Masjid tidak hanya Megah secara fisik, namun juga makmur dan aktif jamaahnya. Hal tersebut juga disampaikan oleh Ketua Umum terpilih periode 2021-2024, Herianto, S.E.I, mengatakan:”Kalau kita bersama, Insyaaallah kita bisa nantinya untuk mencapaikan cita-cita mulai ini”

Ustadz Masril Umar, S.Th.I, MA sebagai Sekretaris Umum KKG PAI Padang Pariaman yang turut hadir pada acara tersebut mengatakan, “Kita bisa bersinergi, kita bisa bertukar fikiran tentang ke-PAI-an yang berbasis Surau. Semoga kepengurusan ini bisa eksis, amanah, profesional, sesuai dengan tema kita hari ini. Tiangnya adalah bagaimana kepengurusan ini bisa mengorbankan waktunya dan fikirannya untuk mengaktifkan kembali para Jamaahnya ke Surau.”

Semoga cita-cita dan niat yang Ikhlas dalam menjadikan Padang Pariaman yang masyarakat Madani dan selalu menyemarakkan kembali ke Masjid, Mushala dan surau terkabulkan…aamiin yaa rabbal alamin.

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *