banner 728x250

Tingkatkan Kualitas Manajerial, Pengurus Masjid dan Mushalla di Bukittinggi Dibekali Pelatihan

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com – Melalui dana pokok-pokok pikiran (pokir) Anggota DPRD Kota Bukittinggi, Ibnu Asis, Daerah Pemilihan (Dapil) Bukittinggi 1, merealisasikannya dengan Pelatihan Manajemen Masjid dan Mushalla se-Kecamatan Mandiangin Koto Selayan.

Pelatihan yang berlangsung selama empat hari, 18 hingga 21 Agustus 2021 di Hotel Grand Malindo Bukittinggi, itu diikuti 50 orang peserta pengurus Masjid dan Mushalla dengan penerapan prokes yang memadai sesuai prosedur tetap.

banner 336x280

Menurut Ibnu Asis, pengurus Masjid dan Mushalla sebagai pusat pembinaan dan pemberdayaan ummat, perlu segera berbenah dan memantaskan diri agar semakin dicintai jama’ah dan masyarakat.

“Paling tidak, ada beberapa hal krusial dan strategis berkenaan dengan manajerial Masjid dan Mushalla yang mesti ditingkatkan dan menyesuaikan dengan kondisi kekinian dan kedisinian, agar tercapai visi dan fungsi Masjid dan Mushalla secara universal,” kata Ibnu Asis.

Disebutkan, pengelolaan operasional Masjid dan Mushalla berkait erat dengan pemeliharaan fisik atau bangunan Masjid dan Mushalla agar tetap menarik dan semakin menjadi magnet bagi para jama’ah dan masyarakat. Termasuk didalamnya pengelolaan aset-aset Masjid dan Mushalla tersebut.

Kemudian, pengelolaan keuangan. Hal ini berkenaan dengan bagaimana cara pengurus Masjid dan Mushalla mengelola keuangannya, baik dalam bentuk zakat, infak, sedekah maupun waqaf serta dapat mempertanggungjawabkannya secara transparan keuangan yang berasal dari jama’ah atau donatur tersebut.

Pengelolaan remaja mesjid. Remaja Masjid atau Mushalla adalah aset masa kini dan masa depan paling berharga yang mesti diayomi dan dibina secara berkesinambugan. Karena remaja inilah yang ke depannya akan berada di garda terdepan untuk memakmurkan sekaligus meneruskan perjuangan pengelolaan Masjid dan Mushalla. Keempat. Pengelolaan kegiatan.

Kegiatan yang bervariasi, menarik dan berkesinambungan, menjadi kata kunci untuk terbentuknya syi’ar dan imarah Masjid dan Mushalla yang juga akan menjadi ciri khas dan daya tarik tersendiri agar jama’ah maupun masyarakat semakin bersemangat beribadah dan bermuamalah di dalamnya.

Ibnu Asis, yang juga Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Bukittinggi, itu mengungkapkan, pembenahan dan peningkatan manajerial Masjid dan Mushalla sangat sejalan dengan Visi Kepala Daerah yang telah menjadi nafas dokumen RPJMD Kota Bukittinggi tahun 2021.

Adat Basandi Syara’ Syara’ Basandi Kitabullah, yaitu, Menciptakan Bukittinggi “Hebat” Berlandaskan Adat Basandi Syara’ Syara’ Basandi Kitabullah (ABSSBK). “Tentunya kita sangat yakin dan percaya, bahwa ke depannya, Masjid dan Mushalla akan menjadi titik anjak awal nan krusial untuk implementasi filososi ABS kehidupan masyarakat Kota Wisata yang kita cintai ini, “ujar Ibnu.

Sekaitan itu, Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan, Muhibudin, menyebutkan, sejak awal kegiatan pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Kabag Kesra atas nama Walikota Bukittinggi pada hari Rabu, Alhamdulillah semua peserta terlihat sangat serius dan antusias mengikuti setiap sesi dan materi yang disampaikan oleh para nara sumbernya.

“Adapun nara sumber penyampai materi pelatihan selama tiga hari itu merupakan tokoh berlatar-belakang profesional yang berasal MUI, DMI, IKADI, trainer berpengalaman dan pengusaha sukses serta Wakil Walikota Bukittinggi,” jelas Muhibudin.

Sementara pada hari keempat, agenda pelatihan ditutup dengan melakukan kegiatan berupa kunjungan muhibbah atau studi tiru ke Masjid Al-Hakim dan Masjid Mujahidin di Padang, untuk mendapatkan saran, masukan dan hal-hal yang konstruktif dan inovatif untuk pengembangan manajemen Masjid dan Mushalla di Kota Bukittinggi ini. (rul)

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *