banner 728x250

Ketua Umum Forki Jateng Tegaskan Hanya Ada Satu Lemkari

  • Share
banner 468x60

Jawa Tengah – Ketua Umum Pengurus Provinsi Federasi Olah Raga Karate Indonesia (FORKI) Jawa Tengah Bambang Raya Saputra menyatakan hanya ada satu Lemkari di Jawa Tengah. Hal itu diungkapkannya saat pengukuhan Pengurus Provinsi Lemkari Jawa Tengah, Minggu 22 Agustus 2021 yang dilaksanakan secara fisik dan virtual.

“Pengprov FORKI Jawa Tengah telah menerbitkan surat keputusan menjadikan perguruan Lemkari Jawa Tengah pimpinan Willy Budiyanto yang sah menjadi anggota FORKI Jawa Tengah. Selamat untuk Lemkari pimpinan Willy Budiyanto,” ujar Bambang.

banner 336x280

Ditegaskannya, dengan telah menjadi anggota FORKI Jawa Tengah, maka Pengprov Lemkari Jawa Tengah pimpinan Willy Budiyanto boleh mengikuti seluruh kegiatan FORKI Jawa Tengah. Baik kegiatan organisasi maupun kegiatan prestasi.

Diinformasikan Bambang bahwa FORKI Jawa Tengah mengambil kebijakan ini karena baru saja melakukan tertib organisasi dan tertib administrasi. Ini berkaitan dengan PB FORKI telah menerbitkan surat putusan pada tanggal 15 Juni 2021 bahwa perguruan yang sah dan terdaftar di PB FORKI adalah perguruan Lemkari di bawah kepemimpinan Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi, SE., ME yang kini dilanjutkan oleh kepengurusan H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH, hasil kongres XV tanggal 20 Agustus 2020. Makanya FORKI Jawa Tengah segera menyambut surat permohonan dari Lemkari Willy Budiyanto.

“Saya Bambang Raya Saputra selaku Ketua FORKI Jawa Tengah mengucapkan terimakasih sekaligus mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh pengurus perguruan Lemkari yang baru saja dilantik oleh Ketua Umum PB Lemkari,” ujarnya.

Bambang berharap semoga Lemkari Jawa Tengah bisa eksis, bisa maju. Dan pada gilirannya bersama dengan perguruan lainnya berkontribusi terhadap FORKI Jawa Tengah baik organisasi maupun prestasi-prestasinya. Pada kesempatan itu, Bambang juga mengungkapkan tentang persiapan FORKI Jawa Tengah menghadapi PON XX Papua. Dalam Pra PON, Provinsi Jawa Tengah telah lolos pada 9 kelas dengan 12 atlet untuk di PON Papua.

FORKI Jawa Tengah melaksanakan pemusatan latihan (training center/TC) selama tiga bulan. Sehingga atlet mengikuti TC selama enam bulan, tiga bulan dibiayai KONI Jawa Tengah dan tiga bulan lagi dibiayai FORKI Jawa Tengah. “Memang Jawa Tengah tidak menargetkan medali, namun kita menginginkan agar Jawa Tengah minimal menyumbang 1 emas 1 perak dan 1 perunggu dari cabang karate. Kami harapkan semua mendukung agar kita sukses dalam PON Papua tersebut,” ungkapnya.

Bambang pun mengungkapkan pada PON Papua, wasit dan juri dari Lemkari Jawa Tengah ditetapkan menjadi satu dari empat wasit dan juri dari Jawa Tengah. Dia adalah Ibnu Salimi.

Ketua Umum PB Lemkari Periode 2020-2024, H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH menyampaikan penghargaan terhadap FORKI Jawa Tengah. “Kepada Ketua FORKI Jawa Tengah, saya menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya yang telah menginformasikan tentang Surat PB FORKI Nomor 056/PB.Forki/KU-SJ/VI/2021 tanggal 15 Juni 2021 perihal Penetapan Kepengurusan PB Lemkari 2021 yang tembusannya juga sudah disampaikan pada Pengprov FORKI se-Indonesia. Terima kasih sekali lagi atas atensinya, responnya dan penetapan wasit juri utusan Jawa Tengah ke PON Papua yang telah mengakomodir wasit juri dari Lemkari, yaitu sensei Ibnu Salimi,” ujarnya.

Leonardy juga mengucapkan selamat kepada Willy Budiyanto SH, MH atas amanah yang diberikan. Dia menilai Willy bertangan dingin, begitu masalah hukum di PB Lemkari selesai, dia terpilih sebagai Ketua Pengprov Lemkari Jawa Tengah. Dan dalam pelantikannya, mendapat penegasan pula dari Ketua Umum Pengrov FORKI Jawa Tengah bahwa kepengurusannya yang sah dan boleh mengikuti seluruh kegiatan di lingkungan FORKI Jawa Tengah, baik organisasi maupun prestasi.

Menurut Leonardy, Jawa Tengah termasuk daerah yang tinggi dinamikanya. Dia berharap dengan tangan dingin itu Willy sukses membawa Lemkari Gemilang di Jawa Tengah. Apalagi Willy mendapat kepercayaan setelah ada putusan Mahkamah Agung Nomor 2528 K/Pdt/2020 yang diterima secara resmi pada 29 Maret 2021 dan Surat PB FORKI Nomor 056/PB.Forki/KU-SJ/VI/2021 tanggal 15 Juni 2021 perihal Penetapan Kepengurusan PB Lemkari 2021 yang telah diterima dan telah tersosialisasi sebagaimana yang disampaikan Ketua Umum Pengprov FORKI Jawa Tengah. Artinya, hanya ada satu Lemkari di Negara Hukum Republik Indonesia dan juga cabang-cabangnya di luar negeri.

Leonardy juga menyatakan, “Pelantikan Pengprov Lemkari Jawa Tengah merupakan kesuksesan pertama Lemkari pimpinan Willy Budiyanto. Semua tampil rapi dengan setelan jas dan memakai dasi. Lalu dilanjutkan dengan rapat kerja. Luar biasa semangatnya. Terimakasih pula kepada panitia pengarah dan panitia pelaksana yang sukses menggelar musprov dan pelantikan pada hari ini.”

Leonardy tak lupa mengingatkan Lemkari merupakan perguruan olahraga seni beladiri karate. Bukan ormas, bukan partai politik dan bukan organisasi kepemudaan. Perguruan Lemkari sama dengan perguruan tinggi, sama dengan perguruan lainnya. Pada perguruan ada guru dan murid (kohai di karate) yang akan berproses. Untuk itu Majelis Sabuk Hitam Lemkari Jawa Tengah yang akan ditetapkan ketua dan pengurusnya agar terus berlatih dan melatih serta mengembangkan dan mentransfer teknik-teknik karate yang terkoordinasi dengan Dewan Guru. sesuai anggaran rumah tangga harus memiliki dojo dan minimal mempunyai murid 10 orang.

Dia mengingatkan Ketua dan seluruh pengurus Lemkari Jawa Tengah bahwa dalam Anggaran Rumah Tangga PB Lemkari Periode 2020-2024 telah diatur semua kegiatan apakah muscab, musprov, rapat kerja, rakernas, rapimnas, kongres boleh menggunakan alat elektronik. Jadi tidak ada alasan untuk tidak berkegiatan di masa pandemi Covid-19 karena pertandingan pun bisa menggunakan alat elektronik.

Untuk mencapai prestasi yang gemilang hingga dapat menyumbangkan prestasi bagi daerah, prestasi ke tingkat nasional maupun prestasi tingkat dunia, kata Leonardy, “Mari kita jadikan perguruan Lemkari yang rukun, bersatu, berprestasi yang gemilang berdasarkan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga serta sumpah karate. Kita tingkatkan kompetensi/kemampuan guru, pelatih, wasit dan juri, meningkatkan kuantitas dojo, melatih dan mendidik para karateka agar memiliki sopan santun, berkepribadian dan berprestasi tinggi, membangun keselarasan, kerukunan, keserasian keseimbangan dan senioritas, menjadikan Lemkari sebagai perguruan yang baik untuk pengembangan seni beladiri karate. Juga meningkatkan hubungan dengan pemerintah, pemda, FORKI, KONI dan perguruan tinggi. Serta menjadikan Pengprov dan cabang yang kuat, mengakar di daerahnya.”

Penting diingat oleh Pengprov, saat Lemkari ataupun perguruan lainnya berhasil meraih prestasi, maka pada hakekatnya adalah prestasi bagi FORKI dan prestasi bagi KONI. “Sukses Lemkari artinya sukses bagi FORKI maupun sukses KONI,” tegas Ketua Badan Kehormatan DPD RI itu.

Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Lemkari Jawa Tengah, AKP Willy Budiyanto SH, MH, yang baru saja dilantik menyampaikan rasa syukurnya atas kesempatan yang diberikan untuk turut membesarkan Lemkari Jawa Tengah.

“Kami segenap pengurus yang dilantik akan semaksimal mungkin, sebaik mungkin untuk mewujudkan Lemkari Gemilang dan berkontribusi positif bagi FORKI Jawa Tengah, KONI Jawa Tengah dan insan perkaratean di Jawa Tengah agar dari daerah ini muncul atlet-atlet berprestasi tingkat nasional dan internasional,” ungkap Willy.

Untuk mencapai hal itu, kata Willy, dia dan segenap pengurus meminta doa restu arahan, dan bimbingan dari Ketua Umum PB Lemkari. Begitu juga dari FORKI dan KONI Jawa Tengah.
Sebagai laporan, Willy dengan gembira menyebutkan di masa pandemi kita masih berkesempatan melaksanakan acara pelantikan Pengurus Provinsi Jawa Tengah periode 2020-2024. Kegiatan pelantikan ini dilanjutkan dengan Rapat Kerja Pengprov Lemkari Jawa Tengah. (*/02)

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *