banner 728x250

Peringatan HUT RI ke 76 di Ulakan Tapakih, Berlangsung Sederhana Dengan Prokes

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com – Pandemi Covid-19 hingga saat ini masih mewabah di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Yang berdampak besar ke semua aspek, dari perekonomian, sosial dan gaya hidup. Pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 76 di Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang Pariaman, yang juga mengalami dampak dari pandemi Covid-19 tersebut, tetap mengadakan upacara pengibaran bendera merah putih. Sebagai wujud rasa syukur dan mengingat akan pentingnya nilai-nilai perjuangan para pahlawan, dalam merebut kemerdekaan Indonesia dari bangsa penjajah.

Upacara bendera yang dilaksanakan dengan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) tersebut, bertempat di halaman Kantor Camat setempat pada Selasa (17/8). Dengan peserta upacara yang terdiri Anggota Forkopimca, Kepala UPT Kecamatan, seluruh Kepala Sekolah, Wali Nagari, Ketua Bamus dan Ketua PKK Nagari, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, serta perwakilan Mahasiswa (UNAND, ISI dan UIN) yang sedang pengabdian masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di tiap-tiap Nagari.

banner 336x280

Bertindak sebagai Inspektur pada upacara, Emri Nurman, SSTP MM. Camat Ulakan Tapakih, Perwira Upacara Ipda. Afrizal, Komandan Upacara Serda Darta Hendra, Pembaca Do’a M. Amin, Pasukan Pengibar Bendera Muhammad Afdal, Aulia fahmi dan Dimas Prayogi dari Pramuka, pembaca Pembukaan UUD 1945 Ramadhani, serta kelompok paduan suara dari mahasiswa yang dipimpin Ananda Safitri.

Terlihat hadir dalam upacara itu, Kapolsek Nan Sabaris Iptu. Zulkanaini, Kepala KUA Kecamatan M. Amin, mewakili Danramil 07 Pauh Kambar Letda. Haryoko, KBO Satpolair Polres Padang Pariaman Iptu Syafrijon, Sekcam Ulakan Tapakih Nurmalis, SE.MM. Kepala Puskesmas Ulakan Drg. Else Loraina dan Ketua TP. PKK Kecamatan Ny. Riri Emri Nurman.

Usai upacara, Camat Emri Nurman mengatakan. Bahwa sebagaimana disampaikan Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, peringatan HUT RI tahun ini dilaksanakan dengan sederhana dan khidmat.

Meski demikian, upacara yang dilaksanakan ini tidak mengurangi jiwa nasionalisme bagi Pemerintah dan Masyarakat di Kecamatan Ulakan Tapakih. Tema yang diusung pada upacara hari ini, mengusung tema yang sama dengan yang diusung oleh pemerintah pusat yaitu Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

“Disamping itu, masyarakat juga bisa menonton langsung melalui daring upacara di Kabupaten Padang Pariaman melalui kanal-kanal yang telah disediakan oleh Dinas Kominfo atau Bagian Humas dan ikut berpartisipasi saat detik-detik Proklamasi pada pukul 10:17 wib. dengan berdiri dan sikap sempurna selama 3 menit, yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia”. ujar Emri Nurman.

Camat Emri Nurman juga menghimbau masyarakat, khususnya masyarakat di Kecamatan Ulakan Tapakih. Agar dimasa pandemi ini menjadi momentum untuk langkah yang besar, terutama dalam pemulihan ekonomi. Dan bagi masyarakat yang ingin memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia, untuk tidak  terlalu berlebihan. Sehingga nantinya bisa menimbulkan masalah baru, seperti kurangnya kepedulian dan kecemburuan sosial.

“Kami harapkan, masyarakat yang ingin memeriahkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Untuk tidak melaksanakannya secara sederhana, khidmat dan tidak berlebihan serta tetap mengikuti protokol kesehatan”. tutupnya.

Upacara bendera diakhiri dengan penyerahan hadiah lomba Dasa Wisma antar Nagari, berupa trophy dan piagam penghargaan. Peringkat 1 berhasil diraih oleh Kelompok Munggu Indah Nagari Padang Toboh Ulakan, peringkat 2 diraih oleh Kelompok Jeruk dari Nagari Sungai Gimba Ulakan dan peringkat 3 Kelompok Subur Jaya Nagari Manggopoh Palak Gadang Ulakan. Penyerahan hadiah dilakukan oleh Camat, anggota Forkopimca dan Ketua TP. PKK Kecamatan kepada Ketua TP. PKK Nagari. (AS)

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *