banner 728x250

IAI Sumbar Pariaman Mengekapkan Sayap Menuju Nasional

  • Share
banner 468x60

Oleh: Edriagus Saputra, S.Th.I.,M.Ag

Institut Agama Islam Sumatera Barat (IAI Sumbar) Pariaman kembali melaksanakan kegiatan kerjasama (MoU) dengan beberapa kampus yang ada di wilayah Nasional Indonesia, kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring maupun kunjungan langsung dari beberapa kampus. Sebelumnya  IAI SUMBAR Pariaman dikunjungi oleh Kampus Institut Agama Islam Abdullah Said Batam, Kepulauan Riau.

banner 336x280

Pada pembicaraan kerjasama tersebut, maka kedua belah pihak sepakat melakukan kerjasama dalam bidang pengajaran, penelitian, penagbdian kepada masyarakat maupun hal lain yang dianggap perlu, maka kedua belah pihak akan melakukan komunikasi secara langsung dengan Nomor kerjasamanya: 022/SPK/IAIAS/V/2021 dan 156/IAI-SUMBAR/MoU/V/2021. Selain itu Kampus dari Kepulauan Riau ini juga menawarkan kerjasama terkait dengan Jurnal, maka hal ini merupakan sesuatu yang sangat besar manfaatnya bagi kedua belah pihak, karena kerjasama Jurnal tersebut dapat saling mengisi satu sama lain terkait OJS yang dimiliki oleh pihak kampus. Maka pada kerjasama yang telah dilakukan tersebut, kedua belah pihak dari kampus tersebut meminta dari pihak kampus untuk mengutus dalam rangka menjadi reviewer pada jurnal yang dikelola oleh pihak kampus. Dari Kampus IAI SUMBAR Pariaman mengutus  Edriagus Saputra, S.Th.I.,M.Ag untuk menjadi reviewer dalam bidang Ilmu Hadis dan Tafsir, sedangkan pada kampus IAI Abdullah Said Batam mengutus  Dr (C) Darlius, SH.,MH sebagai reviewer pada Jurnal Ikhtisar dalam Bidang Ilmu Hukum.

Selanjutnya, IAI SUMBAR Pariaman kembali mendapatkan kunjungan dari Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Solok Nan Indak Solok. Kota Solok. Kunjungan ini menghasilkan kesepakatan dari kedua belah pihak kampus dalam bidang Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dengan Nomor kerjasamanya: 168/IAI-SUMBAR/MoU/VI/2021 dan PTAIS. 14/KPW.VI/HM/186/2021. Selain itu, pihak kampus STAI SNI Solok itu juga berbagi keilmuan dibidang Percetakan, karena pada kampus STAI Solok ini memiliki percetakan tersendiri yang bernama: STAI Solok Nan Indah Press.

Maka dengan motivasi dan ilmu yang telah didapatkan melalui perbincangan dengan adanya kunjungan dari kampus solok ini, IAI SUMBAR Pariaman juga akan melaucingkan sebuah Redaksi yang bernama: Redaksi Al-‘Ulum. Redaksi ini terbit setiap dua kali dalam setahun, yaitu bulan Januari dan September. Redaksi ini dibuat dalam rangka sebagai sarana bagi dosen, mahasiswa dan praktisi lainnya untuk menyumbangkan tulisannya. Dan Redaksi al-‘Ulum ini akan melakukan penerbitan pertamanya  pada bulan September tahun 2021.

Kemudian, pada bulan Juli ini IAI SUMBAR Pariaman kembali melakukan kerjasama (MoU) dengan kampus yang berada di Sumatera Utara, Medan, yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Sumatera (STAIS), Medan. Kerjasama ini berawal dari kedua kampus selalu melakukan komunikasi terkait dengan jurnal penelitian, sehingga kedua pihak kampus sepakat melakukan kerjasama dalam bidang Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dengan Nomor Kerjasama IAI SUMBAR : 176/IAI-SUMBAR/MoU/VI/2021 dan Nomor Kerjasama STAIS: 51/STAI.S/VI/2021. Kerjasama tersebut dilakukan secara online yang ditandatangani oleh Rektor IAI SUMBAR Pariaman, yaitu Dr. Novi Yanti, SE.,MM dan dari pihak STAI Sumatera, Medan ditandatangi oleh Ketuanya, yaitu Abdul Muthalib, MA. Kedua belah pihak kampus tersebut berharap kerjasama ini akan selalu menguntungkan kedua belah pihak dan dapat menunjang dan meningkatkan serta menambah kualitas dari kedua kampus tersebut.

Setelah melakukan kerjasama dari kedua kampus, maka dari IAI SUMBAR Pariaman melakukan submit artikel penelitian yang diterbitkan pada bulan Juni 2021, yaitu pertama, Korelasi Persepsi Siswa tentang Kreativitas Guru PAI dengan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 1 2×11 Enam Lingkung, sebagai penulisnya : Dr. Andrianto, S.Pd.I.,MA, Edriagus Saputra, S.Th.I.,M.Ag, Novitayanti, S.Pd.I.,M.Pd, Syamsurizal, SE.,MM. Artikel tersebut telah terbit pada Jurnal Fitrah STAIS Medan. Kedua,  Efektifitas Program Keluarga Harapan (PKH) dan Dampak Religiusitas terhadap Kesejahteraan Penerima Program Keluarga Harapan di Kabupaten Solok. Sebagai penulis: Awaluddini Marifatullah, SE.,ME, Syamsurizal, SE.,MM, Abdul Rahim A, SE.,ME, Dr.Novi Yanti, SE.,MM. Artikel ini sedang dilakukan review oleh pihak pengelola Jurnal Hikmah yang akan diterbitkan pada edisi bulan Juli 2021.

Ketiga, Tradisi Tolak Bala Sebelum Menanam Padi pada Masyarakat Desa Simaroken Kabupaten Pasaman (Kajian Living Al-Qur’an). Sebagai penulisnya: Rahmat Imanda, M.Ag, Dr. Zulheldi, M.Ag, Dr. Widia Fithri, MA dan Edriagus Saputra, S.Th.I.,M.Ag. Artikel ini sedang dilakukan review oleh pihak reviewer Jurnal Hikmah STAIS Medan yang akan diterbitkan pada edisi Juli 2021.

Akhir bulan Juli ini, IAI Sumbar Pariaman kembali melakukan kerjasama (MoU) dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) yang beralokasi pada Bank Cabang di Kota Pariaman dengan Nomor kerjasamanya: 01/18-PKS/027A dan 181/IAI-SUMBAR/MoU/VI/2021. Tujuan kerjasama ini dilaksanakan dalam rangka menunjang system akademik Kampus IAI Sumbar Pariaman, baik dari segi keuangan kampus maupun pelaksanaan pembayaran uang kuliah mahasiswa. Selain itu,  kerjasama ini juga memberikan manfaat kepada kampus IAI SUMBAR Pariaman dalam rangka untuk tempat magang mahasiswa terkhususnya pada prodi Perbankan Syariah. ***

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *