banner 728x250

Mahasiswa KKN UIN IB Belajar ke KT Wartani Sikucur Barat

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com –  Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN)  Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang yang ditempatkan di  Korong Koto Panjang Nagari Sikucur Barat Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman melakukan kegiatan peninjauan ke Kelompok Tani Wartani yang berada di Korong Koto Padang di nagari yang sama, Sabtu (24/7).

Mahasiswa KKN UIN diterima Ketua Kelompok Tani Syamsul Bahri yang didampingi Bendaharanya Armaidi Tanjung. Dalam kunjungannya, mahasiswa KKN UIN langsung mempraktek penanaman bibit jagung yang tengah berlangsung di kebun Ketua Kelompok Tani Syamsul Bahri.

banner 336x280

“Kebun jagung ini baru saja dipanen raya oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur pada Kamis (8/7) lalu. Kini kembali ditanam yang bisa dipelajari dan dipraktekkan penanamannya oleh mahasiswa ini,” tutur Syamsul Bahri.

Terlihat mahasiswa KKN UIN yang mengikuti peninjauan tersebut antara lain Novia, Yola, Hari Juliansyah dan Hanafi menanyakan berbagai hal terkait dengan sistem penanaman jagung. Bagaimana berkebun jagung yang baik, masa panen dan jarak tanam bibit yang  ditanam.

Usai menanamkan jagung, mahasiswa langsung dibawa ke  tanaman Kelompok Tani Wartani, yakni tanaman asam lemon (aslem) dan asam kapas (askap). “Asam ini tanaman kelompok yang kini sudah berumur kurang lebih 8 bulan. Ketinggiannya ada yang sudah mencapai hingga dada, walaupun  ada juga yang masih lebih rendah. Asam ini ditanam sebanyak 300 batang,” tutur Syamsul Bahri.

Dikatakan Syamsul, jadwal anggota kelompok tani ke kebun merawat tanaman ini setiap Sabtu. Kecuali ada kesepakatan untuk diliburkan. Hari ini memang tidak ada kegiatan kelompok ke ladang, karena dijadwal menjenguk anggota yang tengah sakit. Sehingga mohon maaf yang melayani hanya ketua dan bendahara, tutur Syamsul Bahri menambahkan.

Novia Ramadhani salah seorang mahasiswa UIN IB Padang mengaku senang mendapat penjelasan terkait kelompok tani Wartani dan pengetahuan berkebun jagung maupun asam. “Sebagai mahasiswa KKN, pengetahuan dan informasi dari masyarakat itu penting. Apalagi kalau kita KKN di pedesaan, tentu sektor pertanian merupakan andalan dan sumber pendapatan utama dari masyarakat,” kata Novia mahasiswa jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN ini. (at)

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *