banner 728x250

Unisbar, Universitasnya Rang Piaman

  • Share
banner 468x60

Penulis : Edriagus Saputra, S.Th.I.M.Ag

Pendidikan merupakan suatu yang sangat penting bagi kelangsungan kehidupan masyarakat di suatu daerah, terkhususnya Pariaman. Pariaman adalah kota kecil yang memiliki 4 kecamatan, yaitu Pariaman Timur, Pariaman Tengah, Pariaman Selatan dan Pariaman Utara. Kota Pariaman terletak di Provinsi Sumatera Barat yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Padang Pariaman.

banner 336x280

Pendidikan Tinggi merupakan sebuah instansi pendidikan dalam menunjang keilmuwan dan wawasan para generasi mudanya, sehingga dapat menjadikan kota Pariaman yang bermutu dan berilmu bagi masyarakat. Sejak tahun 2000-an, Kota Pariaman telah memiliki beberapa perguruan tinggi, yaitu Sekolah Tinggi Administrasi, Sekolah Tinggi Kesehatan Piala Sakti, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) dan Institut Agama Islam Sumatera Barat Pariaman. Alhamdulillah tahun 2021 ini, Kota Pariaman telah memiliki sebuah Universitas dibawah Yayasan Pendidikan Sumatera Barat (YPSB) Padang yang dipimpin oleh Dr. Hj. Nurtati, SE.,MM.

Universitas ini bernama Universitas Sumatera Barat yang disingkat dengan UNISBAR. Universitas ini merupakan gabungan dari tiga Perguruan Tinggi, yaitu Stikes Nan Tongga Lubuk Alung, Stikes Sumbar Lubuk Alung dan STIE SUMBAR Pariaman. Penggabungan ketiga Sekolah Tinggi tersebut langsung dilakukan Visitasi oleh Lembaga Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan teamnya, yaitu Bapak Ridwan, Desmelita, Miftahul Jannah, Risma Sari, Haryono Nugroho, Bagus Aryono, Harun (Direktorat Kelembagaan),  Yandri A (LLDIKTI Wilayah X), Heri Fathurrahman (Asosiasi Ilmu Administrasi Bisnis), Barbara Gunawan (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) dan Rizky Aldila (Universitas Pancasila). Novi Yanti yang merupakan team dari penggabungan kampus tersebut mengatakan, bahwa Visitasi itu dilaksanakan di Aula Kampus STIE SUMBAR Pariaman pada Selasa, 06 April 2021. Pada hari itu, team mempersentasikan data yayasan dan tujuan dari pengggabungan ketiga kampus didepan para Visitasi dan dilakukan tanya jawab serta sharing.

Dalam persentasinya, Ibu Dr. Hj. Nurtati, SE.,MM menyampaikan, bahwa ketiga kampus dikelola oleh tiga Yayasan, yaitu STIE SUMBAR Pariaman dibawah Yayasan LP3 Esida, Stikes Nan Tongga dibawah Yayasan Nan Tongga dan Stikes Sumbar Lubuk Alung di bawah Yayasan Pendidikan Sumatera Barat (YPSB) Padang. Kemudian, ketiga Yayasan tersebut digabungkan dalam satu Yayasan Pendidikan Sumatera Barat (YPSB) Padang dan ketiga Sekolah Tinggi menjadi Universitas Sumatera Barat (UNISBAR).  Universitas yang terletak di By Pass Kota Pariaman ini memiliki 3 Fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi: Jurusan Ekonomi dan Akuntansi, Fakultas Kesehatan: Keperawatan, Farmasi, D3 Kebidanan, Keperawatan, Farmasi, Kebidanan, Profesi Ners dan Profesi Bidan serta Fakultas Hukum: Ilmu Hukum. Seluruh Program Studi/Jurusan dan Institusi telah Terakreditasi B, jadi UNISBAR memiliki dua Jurusan D3, enam Jurusan S1 dan dua Jurusan Profesi.

Gusmadewi, MKM. menyampaikan, bahwa surat izin dari pihak Lembaga Direktorat Pendidikan Tinggi terkait penggabungan ketiga kampus menjadi Universitas Sumatera Barat (UNISBAR) telah diserahkan kepada pihak Yayasan Pendidikan Sumatera Barat (YPSB) Padang pada hari Senin, 24 Mei 2021 yang langsung dikirimkan ke Kampus UNISBAR di Pariaman dengan SK Mendikbud: 160/E/O/2021 .

Universitas Sumatera Barat (UNISBAR) ini memiliki 3 kampus, yaitu Kampus I di By Pass Padusunan kota Pariaman, Kampus II di Jalan Raya Padang-Bukittinggi No. 36, Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman dan Kampus III di Jalan Raya Padang-Bukittinggi No. 32, Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman.***

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *