banner 728x250

Guru Panutan Siswa Untuk Belajar Kreatif dan Aktif di Masa Pandemi

  • Share
banner 468x60

Oleh: Sri Rahayu Nengsih (Mahasiswa IAI Sumbar Pariaman)

Pendidikan memiliki peranan yang penting dalam membentuk sumber daya manusia yang cerdas, cakap, kreatif dan aktif, beriman, dan berakhlak mulia. Pendidikan sekolah dasar adalah pendidikan awal dari anak untuk mengembangkan pengetahuan (Muhroji & Yusrina, 2018:1). Dalam kegiatan pembelajaran pada dasarnya merupakan upaya untuk mengarahkan anak didik ke dalam proses belajar sehingga mereka dapat memperoleh tujuan belajar sesuai dengan apa yang diharapkan sehingga dalam kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan semestinya.

banner 336x280

Pendidikan sangat penting bagi manusia dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan.Perkembangan suatu bangsa bisa dilihat dari bagaimana perkembangan pendidikan dari bangsa tersebut. Dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional SISDIKNAS (2003) menyatakan bahwa :

“Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk menghidupkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat, bangsa, dan negara.”

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) adalah proses dimana guru bersama siswa berinteraksi satu sama lain yang nantinya akan ada hubungan timbal balik yang bersifat mempengaruhi dan dipengaruhi. Keberhasilan suatu KBM dilihat dari banyak faktor dari dalam guru dan siswa itu sendiri. Kegiatan belajar juga dimaknai sebagai interaksi individu dengan lingkungannya, lingkungan dalam hal ini adalah obyek-obyek lain yang memungkinkan individu memperoleh pengalaman- pengalaman atau pengetahuan, baik pengalaman atau pengetahuan baru maupun sesuatu yang pernah diperoleh atau ditemukan sebelumnya tetapi menimbulkan perhatian kembali bagi individu tersebut sehingga memungkinkan terjadinya interaksi.

Pada tahun 2020 ini seluruh dunia mengalami wabah yaitu pandemi Covid- 19. Pandemi Covid-19 adalah krisis kesehatan yang melanda hamper di seluruh penjuru dunia (Purwanto et al., 2020:1). Pandemi ini berdampak pada berbagai bidang, salah satunya di pendidikan. Banyak negara memutuskan untuk sementara menutup sekolah, kampus selama masa pandemi covid-19 berlangsung. Setiap Negara membuat kebijakan-kebijakan untuk mengatasi permasalahan yang sedang terjadi. Untuk mengatasi wabah pandemi Covid -19 semua negara menerapkan sebuah tindakan salah satunya dengan melakukan gerakan social distancing yaitu jarak sosial yang dirancang untuk mengurangi interaksi orang-orang dalam komunitas yang lebih luas (Wilder-Smith & Freedman, 2020:2). Dengan adanya social distancing maka pembelajaran di sekolah menjadi terhambat dan tidak bisa dilakukan secara langsung hal ini juga juga berpengaruh pada pelaksanaan kegiatan pendidikan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu adanya perubahan desain model pada kegiatan belajar mengajar untuk menghindari pembelajaran dengan tatap muka sebagai upaya untuk mengurangi penyebaran wabah virus covid-19. Kemendikbud mengeluarkan surat edaran No 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (Covid-19) yang salah satu isinya adalah belajar dari rumah dengan kegiatan pembelajaran secara daring atau jarak jauh. Selama pandemi berlangsung, kini pembelajaran daring telah dilakukan hampir di penjuru dunia.. Maka selama pandemi Covid-19 berlangsung setiap sekolah melaksanakan kegiatan pendidikan dengan pembelajaran jarak jauh. Pendidikan Jarak Jauh dapat didefinisikan sebagai proses pembelajaran yang tidak memperhitungkan ruang dan waktu pembelajaran, memiliki sifat mandiri untuk proses pengembangan peserta didik menggunakan metode maupun media dalam kegiatan pembelajaran.

 Namun pembelajaran jarak jauh dianggap kurang efektif. Hal ini dapat dilihat  banyak yang mengeluhkan dampak dari pembelajaran jarak jauh, seperti siswa kurang memahami materi pembelajaran dikarenakan proses PBM yang kurang maksimal. Nah untuk mengatasi hal ini guru harus bisa sekreatif mungkin membangkitkan minat belajar siswa dan mengupayakan proses PBM bisa berjalan semaksimal mungkin. Belajar jarak jauh memang menghambat proses PBM namun bukan berarti tidak ada celah untuk belajar walaupun tidak semaksimal pada saat belajar di sekolah.

Beberapa cara kreatif yang bisa dilakukan guru pada saat pandemi antara lain: 1. Menggunakan media gambar yang menarik sehigga siswa tidak bosan dalam mengerjakan tugas. 2. Membuat video yg menarik atau membuat video kita sendiri dalam mengajar sehingga siswa merasakan seolah olah ada kita mengajar tatap muka. Guru bisa membuat video pembelajaran semenarik dan sekreatif mungkin. Sangat disayangkan di masa pandemi kerap kali orang tua merasa kewalahan karena anak-anak mereka hanya berkecimpung dengan android mereka. Nah sebagai guru kita bisa memanfaatkan kondisi ini dengan membuat video pembelajaran, siswa diminta untuk mengamati video dan menuliskan apa yang mereka ketahui setelah menonton video tersebut. 3. Membuat game yang menarik di dalam bahan ajar yg sesuai dengan materi. Bisa dilihat dengan jelas bagaimana keseharian anak-anak pada saat pandemi ini, mereka yang tidak bisa lepas dari game bahkan sampai tidak tahu akan waktu. Membuat game pembelajaran akan sangat menarik jika sesekali diterapkan kepada siswa, hal ini  akan membangkitkan semangat mereka karena mereka akan berlomba-lomba untuk menjadi pemenang. 4. Memberikan bahan ajar dengan cara menonton film yg sesuai dengan materi pembelajaran.

Kreativitas guru dalam pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Kreativitas guru dalam pembelajaran menjadi titik fokus bagi siswa nya, karena kreativitas guru dalam pembelajaran harus seimbang antara dari setiap indikator kreativitas guru dalam pembelajaran. Indikator kreativitas menjelaskan tergolong dalam tingkatan tertinggi di antara indikator lainnya. Indikator kreativitas menjalaskan seperti keterampilan penekanan materi. Mari tetap memberikan  Pendidikan dan pembelajaran yang terbaik kepada penerus bangsa, pemegang estapet kepemimpinan. ***

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *