banner 728x250

Orang Tua dan Guru Bersinergi Dalam Memberantas Covid-19

  • Share
banner 468x60

Oleh : Edriagus Saputra, S.Th.I.,M.Ag

            Berawal dari Wuhan negara China Tahun 2019 covid-19 telah menyerbak diseluruh dunia, sehingga Indonesia termasuk salah satu Negara yang banyak mengalami terkena wabah ini. Indonesia juga salah satu negara yang memiliki populasi warga terbanyak di dunia dan wilayah terbesar didunia. Pandemic adalah sebuah wabah yang sangat berjengkit dan berdampak besar pada kesehatan tubuh serta dapat menyebabkan kematian. Sebelum lebaran Idul Fitri tahun 2021, pihak pemerintahan telah memberikan surat edaran kepada masyarakat Indonesia, agar tidak melakukan pulang kampung (mudik), antisipasi ini dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dalam rangka untuk mengurungi jumlah masyarakat yang berdampak Covid-19, namun tidak semua masyarakat yang mengindahkan pemberitahuan dari pemerintah tersebut. Melihat kondisi masyarakat, sehingga satu minggu sebelum lebaran pihak pemerintahan melakukan lockdown seluruh Indonesia dan melakukan pengecekan setiap kendaraan yang lewat di perbatasan dan termasuk Ibu Kota Negara Indonesia.

banner 336x280

            Pasca Lebaran, karena banyaknya masyarakat yang kembali ke daerah domisili dan tempat kerjanya, maka salah satu yang menyebabkan semakinnya banyak masyarakat yang terkena wabah covid-19, sehingga khusus daerah ibu kota Jakarta dan sekitarnya banyak wilayah yang masyarakatnya yang terkena wabah yang mematikan tersebut, sejak minggu ke-2 di bulan Juni 2021, pemerintah sudah melakukan lockdown sampai pada RW dan RT, karena covid-19 yang telah merajalela sehingga rumah sakit yang menerima pasien covid telah penuh dan meyebabkan pasien ada yang dirawat di luar ruangan. Oleh karena itu, setiap golongan masyarakat terkhususnya guru dan orang tua, sebab kedua pihak ini memiliki peran aktif dalam mengatisipasi penyebaran wabah covid-19 di Negara tercinta ini. Guru merupakan orang yang mendidikan para generasi muda dalam rangka mencerdaskan anak bangsa ini. Di era pandeminya, guru juga memiliki perang yang sangat penting dalam menjaga peserta didiknya, sehingga tidak melakukan perbuatan yang bisa berdampak pada wabah corona. Diantara hal yang penting harus dilakukan oleh seorang guru di sekolah, yaitu menjaga dari kerumunan, memantau siswanya agar selalu memakai masker dan selalu mencuci tangan. Selain itu, para guru juga diminta berperan aktif dan kreatif dalam melindungi setiap peserta didiknya, sehingga mereka aktif mengikuti pelajaran serta tidak melakukan hal yang melanggar terkait aturan pemerintah Indonesia, yaitu 3M.

            Selanjutnya, yang memiliki peran aktif terhadap berkurangnya penyebaran virus covid-19, yaitu orang tua. Orang tua adalah guru yang berada di rumah tangga dan memiliki peran akttif untuk mendidik anak-anaknya serta melindungi anaknya dari bahayanya wabah corona. Maka untuk menjaga orang yang sangat disayangi, orang hendaknya memiliki kreativitas yang bagus untuk memelihara anaknya agar tidak terkena covid-19, diantara yang harus dilakukan orang tua, yaitu melakukan hal yang disukai anak di dalam rumah, seperti permainan, makanan, minuman dan sebagainya. kemudian, setelah melakukan aktifitas diluar rumah, maka orang tua hendaknya mengingatkan kepada mereka untuk mandi dan mengganti pakaiannya. oleh karena itu, antara guru dan orang tua harus bersinergi dan bekerja sama dalam menjaga serta memelihara anak-anaknya, sehingga terhindar dari virus yang mematikan tersebut. Negara Indonesia merupakan Negara yang sangat luas dan memiliki masyarakat yang banyak, maka masyarakat harus berperan aktif dalam mengurangi penyebaran corona di Negara ini dan salah satunya yang harus dilakukan, yaitu meyakini akan adanya wabah ini dan tidak berspekulatif dan berasumsi yang tidak masuk akal, seperti corona tidak ada, corona adalah permainan pemerintah, corona adalah politik, corona telah menghilang dan sebagainya. namun, marilah kita bersama-sma menjaga diri dan keluarga kita agar tidak terpapar oleh covid-19 serta tetap menjaga kebersihan diri, pakaian dan memperkuat daya imunt sehingga tidak gampang sakit, seperti mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, bergizi serta buah-buahan dan sayur mayur. Dengan melakukan segala hal yang dapat melindungi diri dari Covid-19, maka segalanya kita serahkan (tawaqal) kepada sang khaliq dan selalu tetap berdoa serta bersyukur kepada Allah SWT atas semua nikmat yang diberikannya kepada kita sebagai hambanya.***

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *