banner 728x250

Ketua Baznas Padang Pariaman Sampaikan Manfaat Berzakat di UPZ

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com – Baznas Kabupaten Padang Pariaman berbagi pengalaman dalam pelatihan peningkatan kapasitas guru TPQ serta menyampaikan pentingnya membentuk Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) masjid atau surau kepada pengurus mesjid pada, Kamis (8/7/2021). 

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Padang Pariaman Dr. Rahmat Tuanku Sulaiman, MM tampil sebagai pemateri menyampaikan UPZ ini adalah perpanjangan tangan dari Baznas dalam hal menghimpunkan zakat yang ada di daerahnya masing-masing. Banyak dari masyarakat kita di daerah atau di perantauan yang ingin membayarkan zakatnya tetapi tidak tahu mau dibayarkan ke mana. Maka banyak kita lihat masyarakat yang kadang membayarkan zakatnya secara individu langsung ke tangan masyarakat.

banner 336x280

“Dengan adanya UPZ di mesjid atau surau kami berharap kepada UPZ tersebut bisa menjangkau muzaki yang berada di daerahnya masing-masing untuk berzakat ke-UPZ. Sangat banyak manfaat yang akan  diperoleh ketika berzakat ke UPZ,” kata Rahmat yang juga Ketua PW Gerakan Pemuda Ansor Sumatera Barat ini.

Dikatakan Rahmat, pertama, jika menyerahkan zakatnya ke UPZ, muzaki yang berzakat terhindar dari pada sifat ria dalam berzakat,  bisa beribadah dengan tenang karena memberikan zakatnya kepada amil zakat. Kedua menghindari kerumunan dan berdesak-desak ketika pembagian zakat.

Kegiatan ini diselenggarakan  di aula Kantor Nagari Sungai Buluah yang diprakarsai Ketua UPZ Nagari Sungai Buluah Ahmad Amin Tuanku Mufti. (CY)

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *