banner 728x250

13 Mahasiswa KKN UIN IB Padang Dapat Wejangan dari Wanag Sikucur Barat

  • Share
banner 468x60

Sitinjausumbar.com – Mahasiswa yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Nagari Sikucur Barat Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman harus mendapatkan sesuatu setelah mengikuti KKN. Sebaliknya, masyarakat di lokasi KKN juga merasakan manfaat dari kehadiran mahasiswa yang melaksanakan KKN tersebut.

Demikian diungkapkan Walinagari Sikucur Barat Rapi’i ketika menerima 13 mahasiswa KKN  Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang di masjid raya Korong Koto Padang Nagari Sikucur Barat Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Menurut Rapi’i, Pemerintah Nagari Sikucur Barat siap memfasilitasi program mahasiswa KKN UIN IB Padang sejauh sejalan dengan program nagari.

banner 336x280

“Selain itu, mahasiswa sendiri harus bisa menyesuaikan diri dengan masyarakat. Jangan pula masyarakat menyesuaikan diri dengan mahasiswa. Tentu cara belajar di kampus yang banyak berhubungan dengan benda mati seperti buku, ruang belajar dan kampus berbeda sangat di masyarakat. Di masyarakat kita berhubungan dengan banyak orang, dengan makhluk hidup, yang perlu kita pahami masing-masingnya,” kata Rapi’i, mantan Sekretaris PC Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Padang era 2006-2007 ini.

Sementara itu, Ketua Kelompok KKN UIN IB Padang yang berlokasi di Korong Koto Panjang Nagari Sikucua Barat, Kecamatan V Koto Kampung Dalam Moh.Rifaldy menyebutkan, mahasiswa UIN di lokasi ini berjumlah 13 orang. Masing-masing terdiri dari jurusan  Pengembangn Masyarakat Islam  2 orang, Hukum Tata Negara  5 orang,  Akidah Filsafat  2 orang,  Bimbingan Konseling Islam 2 orang,  Manajemen Bisnis  1 orang dan  Perbangkan Syariah  1 orang. KKN ini akan berakhir pada 23 Agustus mendatang.

Turut mendampingi Walinagari Sikucua Barat Rapi’i, Dosen DLB Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) FDIK UIN IB Armadi Tanjung yang sebelumnya melakukan panen  raya jagung Kelompok Tani Wartani di Nagari Sikucur Barat Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat. Panen raya dilakukan Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur.

Mahasiswa KKN UIN IB Padang juga turut menghadiri panen  raya jagung Kelompok Tani Wartani dan foto bersama dengan Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur. (at)

banner 336x280
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *